Politisi PPP Sentil Din Syamsuddin Cs Deklarasikan KAMI: Jadi Kekuatan Politik Ya Harus Konstitusional

0

PolitikToday- Langkah Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Din Syamsuddin dan beberapa tokoh membentuk gerakan Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) merupakan hak dari warga negara.

Politisi PPP Achmad Baidowi mengomentari tersebut sebagai bentuk menyampaikan aspirasi dan hak politik.

“Hal itu hak politik beliau-beliau sebagai tempat atau wadah menyampaikan aspirasi,” ujar  Achmad Baidowi melalui keterangan persnya, Senin (3/8).

Anggota Komisi VI DPR RI itu menyebutkan gerakan yang digalang boleh saja dibentuk. Namun, harus mereka harus tetap menaati aturan konstitusi dan hukum yang berlaku.

“Sebagai gerakan moral sah-sah saja dilakukan, asalkan masih dalam koridor konstitusi,” ujarnya.

Awiek menilai, gerakan yang disebut untuk menyelamatkan Indonesia itu belum tentu bisa berpengaruh di bidang politik. Sebab, kebijakan di bidang politik tetap harus melalui prosedur yang telah ditetapkan konstitusi.

“Tapi apakah itu berpengaruh? Sebagai kekuatan moral bisa saja. Namun, untuk menjadi kekuatan politik ya harus konstitusional, yakni melalui pemilu sebagai prosedur demokrasi,” katanya.

“Saat ini, sudah ada DPR hasil pemilu 2019 yang sah, dan konstitusional dalam melakukan pengawasan terhadap jalannya pemerintahan, maupun menjadi gerakan politik utk membuat keputusan,” tutupnya.

(hz)

Baca juga  Lulung: Romi Telah Memecah Belah PPP dan Bikin Malu Umat Islam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here