Absen Berjamaah, 47 Anggota Fraksi PKB Pilih Muktamar Dari Pada Rapat Paripurna DPR

0

PolitikToday- Seluruh anggota DPR dari Fraksi PKB tidak hadir pada rapat Paripurna DPR di Gedung Nusantara II, Komplek Parlemen, Jakarta, Selasa (20/8/2019).

Menurut keterangan petugas absensi dari kesekjenan, sebanyak 47 anggota Fraksi PKB tidak hadir (izin) dan memilih agenda kepartaian di luar agenda Parlemen.

PKB saat ini tengah beriap untuk pembukaan Muktamar VI di Nusa Dua, Bali. Dimana acara tersebut dijadwalkam akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo pada pukul 19.00 WITA.

Sedangkan paripurna yang dipimpin Wakil Ketua DPR Fadli Zon dan Fahri Hamzah ini menyajikan banyak kursi kosong akibat banyaknya anggota dewan mangkir.

Menurut Fadli, berdasarkan catatan Sekretariat Jenderal DPR bahwa absensi rapat sudah diteken oleh 292 anggota.

“Berdasarkan absensi yang ditandatangani 292 anggota dari total 560 anggota dan dihadiri seluruh fraksi, maka kuorum tercapai,” kata Fadli saat memulai rapat di Komplek Parlemen, Jakarta, Selasa (20/8/2019).

Secara hitungan manual sejumlah wartawan dari balkon ruang paripurna, dari 560 kursi yang disediakan hanya terisi 69 orang anggota.

Biasanya memang, absensi yang ditandatangani terdiri dari anggota yang hadir dan anggota yang sedang melakukan tugas kedewanan di luar parlemen.

Diketahui, masa bakti anggota dewan 2014-2019 akan berakhir dengan dilantiknya anggota dewan periode mendatang pada 1 Oktober 2019.

(hz)

Baca juga  Habieb Rizieq Shihab Harapkan Kapolda Baru Hentikan Kriminalisasi Ulama

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here