Aceh dan Sumbar Jadi Zona Merah Jokowi

    0
    Targetkan Kemenangan 75 Persen, Survei Terakhir Jokowi Hanya 47 Persen

    PolitikToday – Tim Kampanye Nasional Jokowi- Ma’ruf Amin mengakui di dua provinsi di pulau Sumatera, yakni Aceh dan Sumatera Barat (Sumbar), tingkat elektabilitas kandidat mereka masih lemah. Pada Pilpres 2014 silam, kedua daerah tersebut memang menjadi zona merah bagi Jokowi.

    “Aceh dan Sumatera Barat yang memang kita masih lemah,” ujar Juru Bicara TKN Arya Sinulingga, Selasa (26/3).

    Politikus Perindo itu menyebut beberapa provinsi yang sudah dalam posisi aman di Sumatera, yaitu Bengkulu, Lampung, Sumatera Utara. Provinsi Jambi dalam posisi menang tipis.

    “Sisanya masih aman lah,” sebut Arya.

    Dia pun menanggapi hasil survei Charta Politika yang baru saja dirilis pada Senin (25/3). Menurut Arya, Charta mencatat survei yang agak pesimis di Sumatera. Sementara, angka di pulau Jawa agak mirip dengan catatan TKN.

    “Charta agak pesimis di kita untuk daerah lain sih, kita Jawa sama mirip-mirip,” tuturnya.

    Sebelumnya, Charta Politika mencatat Jokowi-Ma’ruf menguasai hampir di seluruh wilayah kecuali Sumatera. Wilayah itu menjadi milik pasangan Prabowo-Sandiaga. Jokowi-Ma’ruf memiliki elektabilitas 43,3 persen, sedangkan Prabowo-Sandiaga 48,3 persen.

    “Dilihat dari segi wilayah Joko Widodo-Maruf unggul hampir di semua wilayah, kecuali di Sumatera di mana Prabowo-Sandi unggul,” kata Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya di kantor Charta Politika, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (25/3).

    Survei tersebut dilaksanakan pada 1-9 Maret 2019 dengan 2000 responden yang tersebar si 34 provinsi. Survei memiliki margin of error 2,19 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

    (raf)

    Baca juga  Kegaduhan Tak Berujung dan Gagalnya Revolusi Mental

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here