Anies Terancam 3 Tahun Penjara, Warganet Ramai Membela

    0
    Anies Terancam 3 Tahun Penjara, Warganet Ramai Membela

    PolitikToday – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebelumnya dilaporkan Garda Nasional untuk Rakyat (GNR) atas dugaan kampanye terselubung.

    Ketua Bawaslu Kabupaten Bogor Irvan Firmansyah mengatakan Anies bisa dijerat dengan Pasal 547 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu jika terbukti melakukan kampanye saat sedang bertugas sebagai kepala daerah.

    Pasal tersebut menerangkan setiap pejabat negara yang dengan sengaja membuat keputusan dan/atau melakukan tindakan yang menguntungkan atau merugikan salah satu peserta pemilu dalam masa kampanye, dipidana dengan pidana penjara paling lama 3 tahun dan denda paling banyak 36 juta rupiah.

    Atas perihal tersebut Anies mengatakan kedatangannya dalam acara Konfernas Gerindra merupakan hal yang wajar dan legal.

    “Sebagai Gubernur bisa mendatangi kegiatan apapun yang legal di negeri ini. Jadi ini bukan kegiatan ilegal, kegiatan legal dan normal-normal saja bagi seorang Gubernur untuk mendatangi kegiatan yang diselenggarakan oleh partai politik,” ungkap Anies.

    Anies juga menyatakan kedatangannya keacara tersebut sehari sebelumnya telah mengajukan surat izin ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo.

    Sementara itu, menanggapi pemeriksaan Bawaslu terhadap Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta tersebut mendapatkan dukungan dari warganet. Tagar save Anie Baswedan menduduki posisi pertama di trending topic Indonesia, Selasa (8/1) malam.

    Ustad Hassan Haikal melalui akun twitternya @haikal_hassan membandingkan pose dua jari Anies dan pose satu jari pejabat publik lainnya yang mendukung Joko Widodo.

    “Kenapa Luhut acungkan gak diperiksa? Sedangkan Anies acungkan diperiksa? Karena seribu luhut acungkan apapun gak ada pengaruh buat rakyat, tapi satu Anies akan diikuti seluruh rakyat Indonesia, Sampai disini paham? Kenapa mereka panik?” cuitnya.

    Akun @putrabanten80 menganggap rezim Joko Widodo semakin liar kepada pihak oposisi dan meragukan kedribilitas Bawaslu RI.

    “Semakin Liar Rezim ini, Tajam Ke Pihak Oposisi Tapi Tumpul ke Pihak Penguasa? Saya tdk akan pernah percaya @bawasu_RI sebelum gubernur yg mengacungkan jari 1 mendukung jokowi dipanggil juga dan diminta keterangan….. semoga @bawaslu_RI sadar klo usia adalah urusan Allah…. msh ad waktu utk bertaubat,” cuitnya.

    (bs)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here