Bila Hoax Dijerat UU Terorisme, Rocky Gerung: Jokowi Orang Pertama Yang Dihukum

0
Bila Hoax Dijerat UU Terorisme, Rocky Gerung: Jokowi Orang Pertama Yang Dihukum

PolitikToday – Presiden Joko Widodo akan menjadi orang pertama yang harus dikenakan undang-undang (UU) terorisme bila UU ini diterapkan kepada para pelaku penyebar hoax. Hal ini disampaikan pengamat politik Rocky Gerung mengomentari usulan Menkopolhukam Wiranto yang ingin agar pelaku hoaks dijerat UU terorisme.

“Coba konsekuen, siapa pembuat hoax terbaik dan terbanyak? Ya presiden. Dari awal, presiden sudah bikin hoax tentang Esemka. Maka, perlakukan Undang-undang Terorisme pertama pada Presiden. Itu konsekuensi dari cara berpikir hukum yang otoriter, akan kena dirinya sendiri,” kata Rocky dalam acara Indonesia Lawyers Club (ILC) semalam, Selasa (26/3/2019).

Menurut Rocky, wacana penerapan UU Terorisme kepada para penyebar hoax pertama kali dimunculkan oleh Menkopolhukam Wiranto adalah suatu kemunduran. Karena Wiranto menyamakan bahaya hoax dengan teroris.

Menkopolhukam Wiranto menilai berbagai macam hoaks yang muncul selama Pemilu 2019 bisa dikategorikan sebagai terorisme. Sebab, hoaks-hoaks itu menimbulkan keresahan dan ketakutan di masyarakat.

“Saya terangkan tadi hoaks ini kan meneror masyarakat. Terorisme ada fisik dan nonfisik. Terorisme menimbulkan ketakutan di masyarakat. Kalau masyarakat diancam dengan hoaks untuk takut datang ke TPS, itu sudah ancaman, itu sudah terorisme,” ungkapnya di kantor Kemenkopolhukam, Rabu (20/3/2019)

(rt)

Baca juga  Yusril Minta Bawaslu Hadirkan Ahli IT Untuk Uji Sipol KPU

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here