Bunga Utang RI Tertingi se-Asia Pasifik

0
Bunga Utang RI Tertingi se-Asia Pasifik
ilustrasi utang luar negeri Indonesia

PolitikToday – Menurut Ekonom Indef Bhima Yudisthira, bunga utang RI merupakan yang tertinggi se-Asia Pasifik. Hal ini menurutnya akan menjadi beban bagi Indonesia.

Sebelumnya Bank Indonesia (BI) mencatat, posisi utang luar negeri (ULN) Indonesia pada akhir Januari 2019 sebesar USD383,3 miliar atau setara dengan Rp5.366,2 triliun (kurs Rp14.000/USD).

“Beban bunga utang membuat fiskal menyempit. Disaat yang bersamaan rasio pajak Indonesia hanya 11,5% terendah dibanding negara ASEAN lainnya,” ujar Bhima, Sabtu (16/3).

Bhima menjelaskan, peningkatan bunga utang tersebut bisa berdampak terhadap terhambatnya beberapa proyek infrastruktur yang tengah digarap.

“Kenaikan nominal utang maupun bunganya bisa membuat proyek infrastruktur pemerintah terhambat. Kecuali diserahkan ke BUMN dan kerjasama bersama swasta,” katanya.

Menurut data Asian Bonds Online, Indonesia adalah negara mempunyai tingkat bunga utang sebesar 8,12%. Sementara itu, bunga utang Filipina 6,47%, Vietnam 4,88%, Malaysia 4,07%, Thailand 2,27%, dan Singapura 2,21% atau terendah di ASEAN.

(bs)

Baca juga  Menelisik Fakta Infrastruktur Jokowi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here