Demokrat Pastikan Ambil Bagian di Pilpres 2019

0
1004
Demokrat Pastikan Ambil Bagian di Pilpres 2019

PolitikToday ā€“ Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Demokrat Hinca Panjaitan menyatakan partai berlambang mercy tersebut di Pilpres 2019 tidak akan abstain seperti Pilpres sebelumnya.

“Kalau itu enggak. Tidak seperti yang lalu,” kata Hinca, Kamis (12/7).

Hal ini menurutnya sesuai dengan arahan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Hinca menjelaskan, sampai saat ini SBY dan Partai Demokrat masih membahas akan mendukung siapa dalam pilpres mendatang.

Kata Hinca, sikap partai Demokrat bisa saja saja ke koalisi Jokowi atau koalisi Prabowo, dan bahkan tidak menutup kemungkinannya untuk membentuk poros ketiga.

“Kami tetap mengambil keputusan apakah ke Jokowi apakah ke Prabowo apakah ke bukan Jokowi dan bukan Prabowo. Kami tetap menyusun,” kata Hinca.

Baca juga  Meski Minta Maaf, Demokrat Tetap Akan Gugat Media yang Fitnah SBY

Sebelumnya SBY mengatakan proses pembahasan capres-cawapres Demokrat masih berlangsung di internal partai berlambang bintang mercy itu. Demokrat membahas secara serius segala opsi yang ada.

“Kami bekerja secara sistemik, transparan dan akuntabel. Transparan dalam arti kami bisa menjelaskan kepada seluruh kader, serta menjaring juga suara dari pimpinan cabang daerah, pusat, termasuk anggota parlemen Demokrat,” kata SBY, Selasa (10/7).

Kata SBY, segala opsi bagi Demokrat hingga saat ini masih terbuka lebar, baik itu mendukung Joko Widodo, Prabowo Subianto, atau capres lain.

“Tiga-tiganya masih mungkin kita matangkan. Politik saat ini masih sangat cair dan dinamis,” katanya.

Pada pemilu 2014 yang lalu, Partai Demokrat memberikan kebebasan kepada kadernya untuk mendukung Prabowo-Hatta maupun Jokowi-JK. Langkah abstain partai berlambang mercy ini karena saat itu tidak adanya calon yang diusung Partai Demokrat.

Baca juga  SBY dan Prabowo Sepakat Usung Isu Perbaikan Ekonomi

(bs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here