Demokrat Siapkan Sosok Milenial dan Mantan PJ Wali Kota di Pilkada Surabaya

0
Sekretaris DPD Demokrat Jatim, Renville Antonio

PolitikToday – Sekretaris DPD Demokrat Jatim, Renville Antonio menegaskan pihaknya punya stok kader mumpuni untuk bertarung di Pilwakot Surabaya 2020. Kader-kader Partai Demokrat ini berpotensi diusung sebagai calon wali kota Surabaya yang sesuai aspirasi masyarakat.

“Partai Demokrat memiliki banyak figur. Mulai dari kalangan milenial hingga politisi senior ada,” kata Renville di Surabaya belum lama ini.

Namun, yang paling potensial ada dua orang. Dari kalangan milenial, Renville menyebut Bayu Airlangga. Bayu merupakan Koordinator Muda Mudi Demokrat di Jawa Timur. Sekarang ini Bayu juga menjabat sebagai Wakil Sekretaris DPD Demokrat Jatim.

Bayu Airlangga juga merupakan menantu Gubernur Jatim dua periode (2009-2014, 2014-2019), Soekarwo atau yang biasa disapa Pakde Karwo.

“Mas Bayu juga memiliki basis masa anak muda. Terbukti, beliau terpilih di sebagai Anggota DPRD Jatim 2019-2024, meskipun dari dapil Madiun-Nganjuk (Jatim 11),” papar Renville.

Sementara dari kalangan politisi senior Partai Demokrat, Renville menyebut nama Nurwiyatno. Pada Pemilu 2019, pria yang akrab diapa Cak Nur ini tercatat sebagai salah satu Calon Legislatif (Caleg) Partai Demokrat untuk DPRD Jatim dari dapil Jatim 1 (Surabaya).

Sebelum aktif berpolitik, Cak Nur pernah menjabat sebagai Kepala Inspektorat Jatim, Kepala BPKAD, dan Kepala Biro Keuangan, di bawah kepemimpinan Gubernur Pakde Karwo

Tak berhenti di situ, Cak Nur juga tercatat sebagai Pj (Penjabat) Walikota Surabaya pada tahun 2015.

“Kami juga punya figur berpengalaman yang tahu soal Surabaya. Cak Nur pun kami siapkan,” kata Renville yang juga Anggota DPRD Jatim ini.

Kedua figur ini selanjutnya akan ditawarkan Demokrat kepada partai lain. Pasalnya, tanpa adanya koalisi bersama partai lain, Demokrat tak bisa mengusung paslon sendiri. Dalam komunikasi politik tersebut, Demokrat akan menawarkan kader internalnya untuk posisi Cawali maupun Cawawali.

Baca juga  Poros Ketiga untuk Selamatkan Demokrasi Indonesia

“Bergantung dari proses politik kedepan. Kami membuka peluang kepada seluruh partai politik untuk diajak koalisi,” tegasnya.

(rt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here