DPR Desak Pemerintah Dorong Gencatan Senjata di Aleppo

0
Massa yang tergabung dari Hizbut Tahrir Indonesia melakukan aksi selamatkan warga Aleppo, Suriah di depan Kedutaan Besar Rusia, Jakarta, Jumat (16/12).

Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini mendesak pemerintah RI untuk berperan aktif menghentikan pertempuran berdarah di Aleppo – Suriah. Menurut dia, krisis kemanusian yang berlangsung lama di Suriah dapat dijadikan momentum bagi pemerintah RI untuk memperkuat diplomasi kemanusiaan di pentas dunia.

“Pemerintah dalam hal ini kementerian luar negeri harus bisa mengambil momentum untuk memperkuat peran dan tanggung jawab kemanusiaan dunia khusus dalam krisis Aleppo ” kata Jazuli.

Menurutnya, momentum ini pada tujuannya nanti akan mampu menyakinkan semua bangsa, bahwa Indonesia peduli terhadap nasib kemanusiaan dunia.

Ia menambahkan, langkah yang saat ini dilakukan oleh pemerintah Indonesia dengan menyerukan segera dilakukannya gencatan senjata dan pengiriman bantuan kemanusiaan di Kota Aleppo, Suriah, sudah cukup baik, namun demikian, hal itu tentu saja tidak cukup.

“Peran serta kita dalam kancah diplomasi internasional akan membawa perbaikan pada situasi yang hari ini terjadi di Suriah,” tambahnya.

Sementara itu, Kementerian Luar Negeri, dalam siaran persnya menyebutkan pemerintah Indoneisa sangat khawatir dengan semakin memburuknya situasi kemanusiaan di Aleppo. Konflik di Suriah telah memakan banyak korban dari kalangan warga sipil termasuk perempuan dan anak-anak.

Untuk itu, pemerintah Indonesia menyerukan agar gencatan senjata segera dicapai dan meminta agar pemberian bantuan kemanusiaan menjadi prioritas bagi semua pihak. (pil)

Baca juga  Ketua MPR: Ahok Salah, Dia Khianati Sumpah Jabatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here