Gerindra Yakin Amien Rais Tetap Bersama Prabowo

0
489
Tak Terima Amien Rais Disebut Pecundang, PAN Tuntut Klarifikasi dari Gerindra
Amien Rais dan Prabowo Subianto.

PolitikToday – Ketua DPP Partai Gerindra Habiburokhman yakin Amien Rais tetap mendukung Prabowo Subianto menjadi capres, meski Ketua Dewan Kehormatan PAN itu telah menyatakan siap maju di pilpres mendatang. Pasalnya, dia menilai Amien bukanlah tokoh yang mengejar jabatan.

“Saya paham sekali Pak Amien bukan tokoh yang mengejar jabatan, secara psikologis masih sangat mungkin Pak Amien dan PAN dukung 08 (Prabowo) demi mewujudkan perubahan dan menyelamatkan nasib bangsa,” kata Habiburokhman, Senin (11/6/2018).

Apalagi, aku Habiburokhman, pihaknya hingga saat ini masih terus berkomunikasi dengan PAN ataupun Amien. Ia yakin Amien adalah tokoh politik senior yang paham hitung elektoral dalam Pemilu.

“Kami yakin Pak Amien tidak kaku dan paham akan hitung-hitungan elektoral bahwa untuk maju kita butuh 20 persen kursi parlemen,” ujarnya.

Terkait ungkapan Amien yang mengajukan diri sebagai calon presiden, Habiburokhman menganggapnya sebagai hak setiap orang. Ia pun menghargai ungkapan Amien yang siap diusung sebagai calon presiden tersebut.

Baca juga  Wasekjen Demokrat: Oportunisme Istana Bahayakan Demokrasi

Namun, Habiburokhman juga menilai sikap Amien yang mengungkapkan kesiapan dirinya menjadi calon presiden itu menunjukkan ada semangat ganti presiden pada Pilpres 2019 mendatang. Ia pun memandang hal tersebut sebagai sesuatu yang positif.

“Beliau menegaskan bahwa Jokowi memang sudah harus diganti 2019. Beliau mempertegas demarkasi sebagai sosok yang pro perubahan melawan mereka yang pro status quo,” ucapnya.

Terkait Peneliti Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Ikrama Musliman menyebut Amien memiliki modal yang cukup untuk maju sebagai capres.

“Memang di aneka survei Pak Amien belum pernah dipotret sekalipun. karena memang dari kabar dan segala macam kemudian membuat nama Pak Amien enggak masuk bursa di aneka survei,” kata Ikrama, Senin (11/6/2018).

Jika dilihat dari segi popularitas, Amien memiliki modal yang cukup untuk maju sebagai capres. Pernah menjabat sebagai Ketua MPR, dan Ketua Muhammadiyah, dan juga merupakan salah satu tokoh reformasi membuat Amien lebih unggul dari segi popularitas dibanding beberapa tokoh lain khususnya tokoh di internal PAN.

Baca juga  Saut Situmorang: KPK Wajib Pantau Pejabat Negara Selama Lebaran

“Walaupun mungkin di tingkat grassroot belum banyak yang tahu soal track record dia, apa yang dia lakukan,” ujarnya.

Ikrama juga menilai majunya Amien bisa mempengaruhi suara pemilih dari kalangan muslim. Terlebih lagi isu-isu yang kerap disuarakan oleh Amien adalah isu yang terkait persoalan agama.

“Kalau pemilih pemula, misalnya Pak Jokowi sudah memodifikasi gayanya untuk mencerminkan pemilih pemula itu. Ada AHY yang lebih milenial gayanya, kalau Pak Amien mungkin enggak bisa bohong ya, gesturenya, sikapnya belum mencerminkan pemilih muda, saya kira yang potensi soal pemilih segmen agama,” ucapnya.

(rt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here