Hakim Nyatakan Menag Lukman Terima Suap Rp70 Juta dari Haris Hasanuddin

0
Lukman Hakim Saifuddin sebagai pihak yang turut menerima uang terkait suap jual beli jabatan di lingkungan Kementerian Agama (Kemenag).
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin

PolitikToday- Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Jakarta memutuskan vonis atas Menteri Agama (MenagLukman Hakim Saifuddin sebagai pihak yang turut menerima uang terkait suap jual beli jabatan di lingkungan Kementerian Agama (Kemenag). 

Hal itu dinyatakan saat sidang putusan dengan terdakwa Kepala Kantor Wilayah Kemenag Jawa Timur Haris Hasanuddin di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu (7/8/2019).

Hakim dalam putusannya menyatakan bahwa Lukman turut menerima uang sebesar Rp70 juta, dengan cara pemberian secara bertahap masing-masing Rp50 juta dan Rp20 juta.

Menurut Hakim, uang tersebut karena Lukman telah berperan dalam menjadikan Haris sebagai Kakanwil Kemenag Jatim.

“Majelis Hakim berpendapat bahwa pemberian uang oleh Haris kepada saksi Romahurmuziy dan Lukman Hakim Saifuddin yang mana pemberian uang tersebut terkait dengan terpilihnya dan diangkatnya terdakwa sebagai Kepala Kantor Wilayah Kemenag Jatim sebagaimana diuraikan di atas,” kata Ketua Majelis Hakim Hastopo di PN Jakarta Pusat, Rabu (7/8/2019).

“Maka, menurut majelis hakim unsur memberi sesuatu dalam perkara a quo telah terpenuhi dan ada dalam perbuatan terdakwa,” tambah hakim.

(hz)

Baca juga  AHY-Sylvi: Vandalisme Spanduk Telah Cederai Demokrasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here