Halimah Yacob Jadi Presiden Wanita Pertama di Singapura

0
179

Mantan Jurubicara Parlemen, Halimah Yacob dipastikan akan menjadi presiden wanita pertama Singapura. Kepastian ini didapat setelah dua kandidat lainnya, yakni Mohamed Salleh Marican dan Farid Khan, mengukuhkan mereka gagal mendapatkan sertifikasi kelayakan yang dibutuhkan.

Badan Urusan Pemilu Singapura, kemarin, seperti dikutip dari Channel News Asia, mengumumkan bahwa hanya ada satu calon presiden yang berhasil mendapatkan sertifikasi kelayakan dari Presidential Election Committee PEC dan Community Committee untuk menjadi presiden Singapura berikutnya.

Halimah mendatangi Badan Urusan Pemilu pada pukul 6 sore, ditemani tiga anggota timnya, termasuk kandidat Mary Liew dan Lawrence Leow. Ketika dia keluar, Hamilah mengatakan sudah diberikan sertifikat kelayakan.

“Saya berjanji untuk melakukan yang terbaik yang bisa saya lakukan untuk melayani masyarakat Singapura dan itu tidak berubah, apakah ada pemilihan atau tidak ada pemilihan,” jelas wanita berusia 63 tahun itu.

Baca juga  Fredrich Tuding Penahanan Novanto Terkait Politik

“Semangat dan komitmen saya untuk melayani rakyat Singapura tetap sama. Saya tetap berkomitmen penuh untuk melayani Singapura dan Singapura,” lanjutnya. Pemilihan Presiden Singapura sendiri dijadwalkan akan berlangsung bulan ini.

Halimah akan menggantikan posisi Tony Tan, yang telah enam tahun menjabat sebagai presiden Negeri Singa. Selain menjadi wanita pertama yang menjabat sebagai presiden, Halimah juga akan menjadi warga keturunan Melayu pertama yang menyandang jabatan presiden dalam kurun 47 tahun terakhir.

Haliman menambahkan bahwa dirinya sekarang fokus persiapan Hari Nominasi pada hari Rabu. “Itu butuh beberapa pekerjaan juga,” katanya kepada wartawan.

Sumber – RMOL

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here