IPW Minta KPK Klarifikasi Isu Liar ‘Novel Baswedan Orang Gerindra’

0
IPW Minta KPK Klarifikasi Isu Liar 'Novel Baswedan Orang Gerindra'

PolitikToday- Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane menyikapi isi liar ‘Novel Baswedan Orang Gerinda’ dengan meminta KPK untuk menjelaskan dan mengklarifikasi hal tersebut.

“KPK perlu menjelaskan dan mengklarifikasi adanya isu bahwa penyidiknya, Novel Baswedan sebagai ‘orang’ Partai Gerindra di lembaga anti rasuah itu. Klarifikasi itu menjadi penting karena menyangkut independensi KPK dalam hal pemberantasan korupsi dan KPK tidak ditunggangi kepentingan politik tertentu dalam pemberantasan korupsi di tahun politik 2019 ini,” ungkap Neta, Selasa (2/4/2019).

Sebab, Neta telah menerima isu tersebut, oleh karenanya dia meminta klarifikasi KPK. Isu itu, kata Neta, muncul setelah Novel disebut oleh Jubir Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi pantas untk menjadi jaksa agung.

Neta juga mengungkap kedekatan Novel dengan Prabowo, hal ini ia dapat kabar dari dua Waketum Gerindra, yaitu Fadli Zon dan Arief Poyuono.

Bahkan, masih kata Neta, Arief Poyuono menyebut Novel dengan sebutan ‘orang kita’.

“Pernyataan ketiga tokoh itu harus disikapi pimpinan KPK agar independensi lembaga itu tetap terjaga. Sehingga KPK tidak ditunggangi dan diperalat kekuatan partai politik tertentu untuk mengkriminalisasi lawan lawan politiknya dengan isu atau kasus kasus korupsi,” tegasnya.

KPK sudah menjawab isu liar tersebut. KPK menegaskan dari jajaran pimpinan hingga stafnya tak ada yang terlibat dengan partai politik.

“KPK mulai dari unsur pimpinan sampai pada unsur pegawai memastikan tidak akan terkait pada kelompok politik praktis manapun. Jadi kami harap semua pihak bisa menempatkan KPK sebagai lembaga independen tersebut,” ungkap Febri Diansyah di gedung KPK, Jakarta, Senin (1/4/2019).

Febri sampaikan terkait nama penyidik KPK Novel Baswedan yang dikaitkan dengan salah satu parpol. Febri meminta semua pihak jangan menarik KPK ke isu politik praktis.

“Jangan tarik KPK ke isu politik praktis karena itu hanya akan merugikan upaya pemberantasan korupsi kita. Novel juga sudah clear mengatakan bahwa informasi-informasi tersebut tidak benar,” tegasnya.

Baca juga  Satgas BBM Satu Harga Tidak Efektif

(hz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here