Ira Koesno Janjikan Debat Capres Berlangsung Seru

    0
    Ira Koesno Janjikan Debat Capres Berlangsung Seru

    PolitikToday – Sepekan menjelang debat perdana Pilpres 2019, moderator debat Ira Koesno menyatakan keinginannya agar debat berlangsung menyenangkan meskipun daftar pertanyaan telah diberikan ke kandidat sebelum penyelenggaraan acara berlangsung. Dijelaskan Ira, sudah menjadi tugasnya dan Imam Priyono sebagai moderator debat, untuk menyampaikan kembali pertanyaan ke paslon dengan bahasa yang mudah dipahami publik.

    “Bagaimana caranya walaupun pertanyaan sudah diberikan, tetapi ini juga mudah dipahami oleh publik dan memang bunyi, tetap nendang gitu,” kata Ira, Kamis (10/1).

    Mantan penyiar TV itu mengatakan, sebagai pemandu debat, ia dan Imam telah mempersiapkan berbagai trik untuk memancing para kandidat menyampaikan jawaban atas pertanyaan dengan pemilahan frasa dan diksi yang dinilai tepat.

    Disisi lain, moderator lainnya, Imam Priyono menambahkan, pertanyaan debat bisa jadi begitu rumit, kompleks, dan sangat akademik. Menjadi tugasnya bersama Ira untuk mengartikulasikan pertanyaan itu menjadi ‘bahasa publik’.

    “Kata dan diksi apa yang memudahkan publik dari segala kalangan juga masuk dalam perdebatannya,” ujar Imam.

    Keduanya menjelaskan, pertanyaan debat sifatnya hanya sebagai pemicu agar masing – masing kandidat dapat menyampaian visi dan misinya serta solusi yang akan mereka tawarkan kepada rakyat.

    Ia menjelaska, meskipun pertanyaan telah diberikan ke paslon sebelum debat diselenggarakan, tetapi, itu tak akan mengurangi keseruan. Sebab, setelah pertanyaan dilontarkan, paslon harus memberikan penjelasan atas jawabannya. Selanjutnya, moderator akan memberi pertanyaan untuk menggali jawaban tersebut.

    Pelaksanaan debat Capres/Cawapres akan berlangsung terbuka disertai dengan adanya sesi pengajuan pertanyaan tertutup. Pada model ini, masing-masing pasangan calon mengajukan pertanyaan ke paslon lainnya. Debat perdana Pilpres 2019 akan digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kamis, 17 Januari 2019. Tema yang diangkat adalah hukum, HAM, terorisme dan korupsi. Debat perdana ini akan disiarkan oleh empat lembaga penyiaran, yaitu TVRI, RRI, KOMPAS TV, dan RTV.

    (gg)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here