Jawaban Cerdas Dedi Mulyadi Tanggapi Sindiran Syaikhu

0
Jawaban Cerdas Dedi Mulyadi Tanggapi Sindiran Syaikhu

PolitikToday – Calon wakil gubernur Jawa Barat yang diusung Partai Demokrat dan Golkar, Dedi Mulyadi, disindir oleh Ahmad Syaikhu terkait kebiasaan memasang kain sarung pada pohon oleh masyarakat Purwakarta.

Ahmad Syaikhu, Cawagub Jabar yang diusung Gerindra-PAN-PKS menganggap fenomena tersebut ironis. Fenomena tersebut dianggapnya sebagai pemuliaan pohon dibandingkan dengan memerhatikan pembangunan SDM di Purwakarta.

Menanggapi hal itu, Dedi Mulyadi mengaku senang mendapat serangan tersebut dari Ahmad Syaikhu. Menurutnya, kritik tersebut memperlihatkan siapa yang tidak memahami soal etika lingkungan.

“Belum apa-apa ditanya itu, malah seneng kan. Kan kita melakukan sesuatu yang sesuai dengan etika lingkungan. Bagi mereka yang tidak paham etika lingkungan mungkin tidak akan pernah mengerti,” ujar Dedi, Selasa (13/3).

Baca juga  Politikus Demokrat: Kepala Daerah PDIP Terbanyak Ditangkap KPK

Dedi menegaskan yang dilarang itu adalah pohon dijadikan tempat penyembahan. Kebiasaan tersebut disebut Dedi merupakan bentuk tradisi zaman dahulu.

“Yang tidak boleh itukan pohon disembah, kalau pohon diurus mau itu dikasih sarung dan itu dalam tradisi kita, dulu itu misalkan pohon Peuteuy suka diikat, di situ itu ada tren kebudayaan,” ujar Dedi.

Dedi menjelaskan tradisi tersebut memberikan pemahaman mengenai etika lingkungan dengan menjaga alam menjadi keharusan.

“Memiliki implikasi terhadap lingkungan, jadi bagi mereka yang tidak paham etika kebudayaan, etika lingkungan, tidak akan paham persoalan itu. Saya senang ditanya itu, enggak ada masalah,” terangnya.

Lebih lanjut Dedi meningatkan, berbeda pendapat adalah hal lumrah di Indonesia. Tapi yang perlu digaris bawahi, jangan sampai perilaku pemimpin sampai merugikan masyarakatnya.

Baca juga  Sandi Minta Data Pertanian Dibenahi

Sementara itu Syaikhu berkilah dengan mengatakan inti dari pertanyaan yang dia lontarkan hanyalah masalah prioritas yang harus didahulukan.

“Bagi saya itu kaitannya dengan prioritas, lebih bagus saya kira dana (untuk penyarungan pohon) yang sedemikian banyak itu untuk peningkatan SDM, sekolah, kesehatan dan sebagainya,” ujar Syaikhu.

(kg)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here