Jelang Kongres V PDIP, Prabowo Hadir: Sosok Ketua Masih Misterius

0
Maruarar Sirait Ingin Megawati Kembali Menjadi Ketum PDIP, Ini Alasannya

PolitikToday– PDIP menyelenggarakan Kongres V pada 8-11 Agustus esok. Pembukaan Kongres V diagendakan pada 8 Agustus pukul 13.00 WITA. Presiden Joko Widodo dan para tamu undangan VIP dan VVIP bakal hadir dalam pembukaan Kongres. Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Presiden Joko Widodo akan memberikan pidato politik.

Sekitar 15.000 kader partai banteng moncong putih akan memerahkan Sanur, Bali. Terdiri dari ribuan utusan DPD provinsi dan kabupaten/kota serta kader ‘penggembira’ yang hadir untuk memeriahkan Kongres V.

Hasil kongres Jadi pijakan keputusan Politik

“Oleh karenanya, salah satu yang penting dalam kongres ini adalah, Keputusan Kongres yang nanti akan digodok dalam 5 komisi,” ucap Ketua Steering Committee Kongres Djarot Saiful Hidayat kepada wartawan.

Dia menjelaskan, untuk Komisi I adalah komisi tentang ideologi dan Trisakti. Komisi II adalah komisi tentang politik dan legislasi.

“Baik itu legislasi untuk anggaran, pengawasan, maupun kebijakan. Agar semuanya garis ideologi partai,” jelas Djarot.

Ketua DPP PDIP ini juga memaparkan, Komisi III tentang kebudayaan, yang secara khusus dibahas kali ini. “Bagaimana rekomendasi kita tentang kebudayaan Indonesia. Strategi kebudayaan kita seperti apa. Gambaran sampai tahun 2030-2050 seperti apa,” kata Djarot.

Kemudian, lanjut pria yang pernah duduk sebagai Gubernur DKI ini, Komisi IV tentang Pemilu. Dimana tahun 2020 akan menghadapi Pilkada serentak.

“Karenanya dipersiapkan khusus untuk itu. Makanya ini merupakan puncak konsolidasi organisasi kita. Makanya, PDI Perjuangan akan siap dalam Pilkada 2020. Dengan target meraih kemenangan 60 persen,” jelasnya.

Kemudian ada Komisi V, masih kata dia, yang membahas tata kelola partai. Guna mengikuti perkembangan zaman, yang sudah era digitalisasi.

Sosok Ketua Harian Masih Misterius

Dalam Kongres V Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), jabatan Ketua Umum dipastikan akan tetap berada di tangan Megawati Soekarnoputri. Namun, direncanakan, Megawati akan dibantu oleh Ketua Harian. Hingga kini masih misteri, siapa sosok ketua harian itu.

Baca juga  Ani Yudhoyono Mendapat Donor Sumsum Tulang Belakang

Dua nama disebut-sebut akan menduduki jabatan ini. Yakni Prananda Prabowo dan Puan Maharani.

“Itu dijawab pada hari kedua Kongres. Nanti ya dijawab pada hari kedua,”ucap Hasto.

Dia mengatakan, semuanya akan ada momentumnya. Apakah memang ada jabatan itu atau tidak. Berdasarkan informasi yang dihimpun, usai Megawati dikukuhkan menjadi Ketum lagi, baru akan dibahas susunan kepengurusan yang baru.

“Kan setiap ini ada momentum,” kata Hasto.

Sebelumnya, ada dua nama yang disebut-sebut akan mengisi ruang itu, jika pun ada. Keduanya juga memiliki trah Soekarno. Yakni Prananda Prabowo dan Puan Maharani.

Prabowo Subianto Hadir

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto memastikan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto akan hadir dalam Kongres V di Bali, 8-11 Agustus. Prabowo telah diundang secara langsung oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri saat bertandang ke kediaman Presiden kelima itu.

“Pak Prabowo juga sudah memastikan kehadiran beliau,” ujar Hasto

Hasto mengatakan, Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla, sampai Wakil Presiden terpilih Ma’ruf Amin dipastikan akan hadir dalam pembukaan. Ketua Umum Partai Koalisi Indonesia Kerja juga dipastikan hadir. “Dan Golkar dan NasDem minta tambahan kursi jadi kita sediakan,” kata dia.

Selain Prabowo, PDIP tidak mengundang ketua umum partai di luar koalisi. Sementara, Zulkifli Hasan diundang sebagai Ketua MPR. Namun, Ketum PAN itu tidak dapat hadir karena tengah menunaikan ibadah haji.

“Kemudian pak Zulkifli diundang dalam kapasitas sebagai ketua MPR, tapi juga melekat sebagai ketum PAN,” kata Hasto.

(yt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here