Jokowi: Rakyat Indonesia Paling Bahagia, Ini Faktanya

0
613
Jokowi: Rakyat Indonesia Paling Bahagia, Ini Faktanya

PolitikToday – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut Indonesia peringkat ke-8 rakyat pailing bahagia di dunia saat ini. Selain itu, rakyat Indonesia juga disebut rakyat paling optimis.

Pernyataan tersebut disampaikan Jokowi di sela rangkaian pertemuan IMF-Bank Dunia di Bali, Kamis (11/10).

Jumat (12/10) pagi, Jokowi juga berkicau melalui akun Twitter resminya @jokowi. Jokowi mengatakan data yang digunakannya terkait indeks kebahagiaan tersebut merupakan survei Gallup International 2017.

“Orang Indonesia, menurut Survei Gallup International 2017, nomor delapan paling bahagia di dunia. Jadi, saya bilang ke para tokoh dunia yang saya temui di Bali, jika ingin mencari kebahagiaan, Anda datang ke tempat yang tepat. Rahasianya? Jadilah turis untuk mencari tahu,” tulis Jokowi.

Baca juga  Kalau Ma’ruf Tidak Minta Maaf, Elektabilitas Jokowi Terancam Tergerus

Gallup merupakan jajak pendapat yang menggunakan proses random digit dialing yaitu suatu cara pengambilan jajak pendapat denggan menggunakan nomor telepon yang diacak

Fakta, Indonesia Peringkat 96 Negara Paling Bahagia Versi WHR

Sementara itu, berdasarkan data Word Happiness Report (WHR) 2018, Indonesia berada pada ranking 96 negara paling bahagia di dunia dari 156 negara.

Sejak tahun 2015 hingga 2018, indeks kebahagian Indonesia terus menurun dari 5,4 menjadi 5,09. Skala yang digunakan WHR adalah 0 (unhappy) – 10 (happy).

Indikator yang digunakan untuk mengukur kebahagiaan antara lain adalah pendapatan, kebebasan, kepercayaan, harapan hidup sehat, dukungan sosial, dan kemurahan hati.

Negara yang paling bahagia menurut WHR 2018 adalah Finlandia, karena negara ini dianggap sangat terbuka dan mampu mengubah kekayaan menjadi kesejahteraan.

Baca juga  Bank Dunia : Harga Beras Indonesia 70 Persen Lebih Mahal dari Harga Internasional

Menurut WHR 2018, Indonesia berada satu tingkat di bawah Vitenam dan dua peringkat di atas Somalia.

(bs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here