Kembali Unggul di Survei, Elektabilitas AHY-Sylvi Dekati 50 Persen

0
Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni.

Setelah unggul dalam survei Manilka Research and Consulting, pasangan Calon Gubernur DKI Jakarta Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)-Sylviana Murni (Sylvi), kembali mengalahkan dua kandidat pesaingnya pada hasil survei Grup Riset Potensial (GRP). Bahkan, dalam survei tersebut, elektabilitas AHY-Syvi sudah mendekati 50 persen.

“Pasangan AHY-Sylvi elektabilitasnya mencapai 47 persen. Disusul oleh pasangan calon Anies-Sandi 25 persen dan Ahok-Djarot 23 persen. Sementara lima persen responden tidak menjawab,” sebut Peneliti GRP Farit Mochamad Afendi di Jakarta, Kamis (9/2/2017).

Menurut Farit, survei kedua yang dilakukan lembaganya ini dilakukan di 267 kelurahan di DKI Jakarta yang dikelompokkan menjadi 27 kelompok berdasarkan profil elektabilitas pasangan calon hasil survei yang dilakukan sebelumnya.

Lalu, dari masing-masing strata dipilih satu keluarahan secara acak. Selanjutnya, pada tiap kelurahan dikunjungi seluruh Rukun Warga. Pada masing-masing RW dipilih rumah tangga secara sistematik dan dari masing-masing rumah tangga didaftarkan anggota keluarga yang memiliki hak pilih, kemudian diambil satu responden secara acak.

Total sample di masing-masing keluarahan 100 responden, sehingga total semua responden 2.700. “Margin of error sesuai kaidah statistika 2,5 persen pada confident interval 95 persen,” pungkas Farit.

Sehari sebelumnya, Managing Director Manilka, Dani Akhyar juga merilis hasil survei lembaganya yang menempatkan AHY-Sylvi di urutan pertama dengan dengan perolehan angka elektabilitas 38,61 persen.

Sementara Anies Baswedan-Sandiaga Uno di peringkat kedua dengan 25,25 persen. Pasangan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat berada di posisi paling buncit dengan 21,70 persen.

Survei itu dilakukan dengan wawancara tatap muka mulai 31 Januari hingga 4 Februari 2017. Sampel yang diambil berjumlah 1.212 responden dengan metode multistage random sampling. Margin of error survei kurang-lebih 2,83 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca juga  Inisiator PDIP Projo Diduga Jadi Perantara Kasus Suap Bakamla

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here