Kemenag Laporkan Politisi PDIP Arteria Dahlan ke MKD

0
214
Kemenag Laporkan Politisi PDIP Arteria Dahlan ke MKD

PolitikToday – Kementerian Agama melaporkan anggota Komisi III DPR Fraksi PDIP Arteria Dahlan ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD). Hal ini buntut dari makian Arteria dalam rapat kerja dengan Kejaksaan Agung pada 28 Maret lalu.

Konfirmasi disampaikan langsung oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin saat rapat kerja dengan Komisi VIII DPR tadi malam.

“Tentu itu adalah ungkapan yang tidak pada tempatnya. Karena itu kami secara institusi, kelembagaan Kemenag mengajukan surat kepada MKD DPR untuk hal seperti ini bisa ditindaklanjuti,” kata Lukman, Senin (16/4).

Lukman menyadari anggota dewan memiliki imunitas dalam berbicara. Dalam hal itu, setiap ucapan yang dikeluarkan anggota dewan tidak dapat rapat, persidangan atau menjalankan tugasnya tidak dapat dituntut secara hukum.

“Tapi dari sisi etik itu bisa dikaji MKD, karena ini institusi,” kata Lukman.

Baca juga  Asia Sentinel Akui Fitnah, Aktor Intelektual dalam Negeri Belum Mengaku Salah?

Sebelumnya Anggota Fraksi PDIP Arteria Dahlan telah meminta maaf kepada semua pihak yang tersinggung karena ucapannya menyebut Kementerian Agama ‘bangsat’.

“Kalau ada ketersinggungan, mohon maaf. Kalau saya menyinggung Pak Menteri dan teman-teman Kemenag,” ujar Arteria, Kamis (29/3).

Politisi ini mengaku tidak mengarahkan umpatannya untuk Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan jajaran Kemenag. Ucapannya diklaim ditujukan untuk oknum di Kemenag. Selain itu, apa yang disampaikannya tersebut tidak lebih untuk kebaikan bersama.

“Saya hadir, saya bicara untuk mengingatkan kebaikan,” ujarnya.

Arteria juga mengaku siap berproses jika ada pihak yang mengadu ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR. Kesiapannya karena ia yakin yang diucapkannya untuk kepentingan masyarakat.

Baca juga  Bawaslu Temukan Dugaan Pelanggaran Dalam Deklarasi Kampanye Damai

“Kalau di MKD kan bagi saya itu hak orang. Saya tidak bisa melarang. Bagi saya suatu kehormatan mendapatkan apapun resikonya sepanjang saya yakini saya dalam konteks membela kepentingan rakyat,” ujarnya

Sementara itu, Politikus PDIP Junimart Girsang menyatakan koleganya Politikus PDIP Arteria Dahlan tidak perlu meminta maaf karena telah menyebut Kementerian Agama ‘bangsat’.

“Tidak perlu (minta maaf). Kalau beliau merasa salah silakan minta maaf. Kalau tidak silakan saja,” ujar Junimart di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (29/3).

(bs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here