Ketua KASN: 13 Kementerian Dalam Pemeriksaan KPK

0
Ketua KASN: 13 Kementerian Dalam Pemeriksaan KPK

PolitikToday – Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Sofian Efendi menyebut saat ini ada 13 kementerian/ lembaga yang dalam pemeriksaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait dugaan jual beli jabatan .

“Sekarang ini ada 13 kementerian dan lembaga yang sedang di dalam pemeriksaan KPK,” ujar Sofian dalam diskusi bertajuk ‘Teguh Membangun Pemerintahan yang Bersih dan Modern, di Kantor Staf Kepresidenan, Gedung Bina Graha, Jakarta, Rabu (27/3).

Terkait hal tersebut, Sofian mengaku pernah ditanyai dan menyampaikan praktek jual beli jabatan di lingkungan kementerian kepada Presiden Joko Widodo.

“Pak Presiden pernah bertanya ke saya dulu di suatu pertemuan, ‘itu berapa banyak pak Sofian kementerian yang terlibat di dalam praktek jual beli itu, praktek transaksi itu’. Ya saya enggak berani menduga-duga, saya bilang ‘ya lebih dari separuh pak kementerian itu,” ucap Sofian.

Namun Sofian menduga, lebih dari 90 persen kementerian/lembaga yang ada itu terjadi praktek jual beli jabatan.

“Tapi kalau ini dugaan sementara kami itu lebih dari 90 persen, yang melakukan praktik itu. Cuma tinggal levelnya saja berbeda-beda,” kata Sofian.

Sementara itu untuk kasus dugaan jual beli jabatan di lingkungan Kementerian Agama, Sofian mengaku telah memperingatkan Sekretaris Jenderal Kementerian Agama agar beberapa calon yang memiliki rekam jejak tidak jujur tidak masuk seleksi calon jabatan pimpinan tinggi.

“Ada sekitar 18 jabatan pimpinan tinggi. Dan kami sudah memperingatkan 2 (orang), agar calon itu tidak dimasukkan, sudah ada record yang tidak enak, tidak bagus,” katanya.

Namun peringatan dari KASN tersebut diabaikan Kemenag dan calon yang mendapat catatan KASN tersebut tetap dilantik Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

(bs)

Baca juga  Sandi: Apartemen Mangkrak di Pondok Kelapa Proyek Ahok

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here