Komisi II DPR taguh Janji KPU Selesaikan Persoalan DPT

0
234
31 Juta Pemilih Belum Masuk DPT

PolitikToday – Komisi II DPR menagih komitmen Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk serius menyelesaikan permasalahan Daftar Pemilih Tetap (DPT). Disampaikan Wakil Ketua Komisi II Ahmad Riza Patria, persoalan terkait 31 juta pemilih yang telah melakukan perekaman elektronik, namun belum masuk DPT pemilu 2019 harus segera diselesaikan agar tidak menimbulkan persoalan lain di kemudian hari.

Dikatakan Riza, KPU harus segera mengambil langkah serius guna membenahi persoalan DPT agar para peserta pemilu baik Pileg maupun Pilpres tidak dirugikan.

“Problem DPT bukan problem yang sepele. Sebab ini akan menentukan legitimasi dari Pemilu serentak 2019,” katanya, Kamis (11/10).

Mantan aktifis LSM itu mengatakan sejak awal Komisi II sudah mengetahui dan mencatat adanya permasalahan terkait DPT tersebut.

Baca juga  Berkoar di Medsos, Abu Janda Dipolisikan

Permasalahan pertama, jelasnya adalah adanya data ganda di DPT yang pada September lalu, ditemukan sebanyak 131.363 pemilih ganda di 76 kabupaten/kota yang ditemukan oleh Badan Pengawas Pemilu.

Persoalan lain, tambahnya adalah tidak seragamnya data Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) dengan DPT yang sudah diumumkan.

Sementara itu, berdasarkan temuan dari Institute for Policy Studies per Mei 2018 diketahui bahwa sekitar 11 juta pemilih terancam kehilangan hak pilihnya pada Pemilu 2019, karena belum melakukan perekaman KTP elektronik.

Karena itu ia mendesak KPU segera menyelesaikan persoalan DPT karena sebelumnya, berdasarkan hasil rapat pleno KPU pada 16 September 2018 silam, disepakati bahwa KPU diberi waktu 60 hari untuk perbaikan DPT pemilu.

Baca juga  Korsa nilai Paket Ekonomi XVI Pencitraan Semata

“Harus ada langkah serius dan ekstra. Jika tidak, kualitas pemilu serentak pertama ini akan cacat,” ucap Riza.

(gg)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here