Komnas HAM: Debat Maruf Vs Sandi Belum Melahirkan Solusi Utuh Persoalan Pengangguran

0
Komnas HAM: Debat Maruf Vs Sandi Belum Melahirkan Solusi Utuh Persoalan Pegangguran

PolitikToday- Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Amiruddin menilai kurang puas dengan paparan dua calon wakil presiden, Maruf Amin dan Sandiaga Uno dalam debat ketiga Pilpres 2019.

Amiruddin menyangkan kedua cawapres gagal menjelaskan rencana detail tentang bidang pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, dan sosial budaya bila kelak menjadi wakil presiden.

“Mungkin juga kedua cawapres belum mendalami persoalan-persoalan yang menonjol belakangan ini dalam konteks pendidikan,” beber Amir, Jakarta, Senin (18/3/2019).

Berdasarkan data yang dihimpunnya, maka persoalan tenaga kerja Indonesia yang mesti dicarikan solusi detail adalah mayoritas lulusan SMP.

Kedua cawapres, semestinya menjelaskan rinci pemecahan solusi lima tahun kedepan yang akan dilaksanakan.

“Roadmap-nya akan seperti apa sebenarnya? Kalau bicara link and match, bagaimana me-link-kan lulusan SMP ini dan match-nya di mana itu? Karena tidak terjabarkan itu menjadi istilah besar tapi kita nggak tahu isinya akan seperti apa?” tanya Amiruddin.

Amiruddin menilai bahwa tema debat yang dibahas tadi malam kedua cawapres belum menguasai UU.

“Tapi saya melihat, mungkin kedua cawapres kita belum familiar dengan UU 11/2005 tentang Hak-hak Sosial, Ekonomi, dan Budaya. Sehingga eksplorasinya nggak berkembang dari situ,” tutupnya. (hz)

Baca juga  Jangan Bohongi Umat cuma demi Menangkan Prabowo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here