KPK Janji Tak Akan Periksa Lagi Calon Kepala Daerah

0
41
Ketua KPK Agus Rahardjo (tengah) bersama Wakil Ketua KPK Laode M Syarif (kiri) dan Basaria Panjaitan (kanan) bersiap mengikuti rapat dengar pendapat dengan Komisi III DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (12/9). (ant)

KPK menyetujui usulan Komisi III DPR agar lembaga antirasuah itu tidak memeriksa calon kepala daerah 2018 jika sudah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Februari mendatang. Pemeriksaan akan dilakukan setelah pilkada selesai, bahkan usai adanya putusan MK jika terjadi sengketa.

“Setelah ditetapkan jadi calon, sepanjang belum memasuki pro justitia kami sepakat melakukan hal-hal yang tidak mengurangi muruah yang bersangkutan,” kata Ketua KPK Agus Rahardjo saat rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi III DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (12/9/2017).

Namun, Agus mengecualikan jika calon kepala daerah tersebut terjaring operasi tangkap tangan (OTT).

“Kecuali OTT pak, tidak bisa,” katanya.

Permintaan tersebut disampaikan anggota Komisi III DPR Aziz Syamsudin. Ia meminta KPK tidak memeriksa calon kepala daerah usai penetapan pasangan calon pada Februari 2018.

Baca juga  Cegah Korupsi, Pimpinan KPK Gelar Raod Show ke Partai Politik

“Ini kan partai-partai sedang bekerja untuk pencalonan di Pilkada, untuk mensukseskan itu, saya kira KPK tidak usah memanggil para calon-calon kepala daerah, sampai selesai proses pemilihan,” kata Azis. (raf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here