KPK: Lebih Baik Ganti Calon Kepala Daerah Ketimbang Tunda Proses Hukum

0
107
KPK: Lebih Baik Ganti Calon Kepala Daerah Ketimbang Tunda Proses Hukum

PolitikToday – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Agus Rahardjo menuturkan calon kepala daerah yang tersangkut kasus hukum akan tetap diproses meskipun telah ditetapkan sebagai peserta Pilkada 2018.

Jika nantinya tidak diproses, menurut Agus proses Pilkada serentak tahun ini akan terganggu.

“Supaya Pilkada bisa berjalan baik, harus ada langkah dari pemerintah. Bayangkan nanti sdah jadi tersangka, lalu dilantik, rasanya tidak etis, ya,” kata Agus, Rabu (14/3).

Maka dari itu ia meminta pemeritah menerbitkan pengganti undang-undang (Perppu) yang memberikan jalan agara parpol mengganti calon yang ditetapkan sebagai tersangka.

Agus menuturkan Perppu dibutuhkan untuk menjawab aturan KPU selama ini yang membolehkan calon kepala daerah tetap bertarung dalam Pilkada meski statusnya tersangka.

Baca juga  Kuatkah Dukungan 10 Kepala Daerah di Sumbar kepada Jokowi ?

Selain itu, dengan digantinya calon kepala daerah yang berstatus tersangka tersebut, rakyat akan diuntungkan karena akan mendapatkan calon yang terbaik.

Senada dengan Agus, Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang mengatakan mengganti calon kepala daerah berstatus tersangka lebih baik ketimbang menunda proses hukum.

“Lebih elegan jika pemerintah membuat perppu pergantian calon terdaftar, bila tersangkut pidana, daripada menghentikan proses hukum yang memiliki cukup bukti dan peristiwa pidananya,” kata Saut.

Seperti diketahui, dalam Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2017 disebutkan parpol tidak dapat menarik dukungan dan tidak bisa mengganti pasangan calon yang telah didaftarkan.

(ka)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here