KPK Periksa Mantan Sekjend Kemendagri Terkait Korupsi Pembangunan Gedung IPDN

0
37
KPK Periksa Mantan Sekjend Kemendagri Terkait Korupsi Pembangunan Gedung IPDN

PolitikToday – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali memeriksa Mantan Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri, Dr. Diah Anggraeni dalam kasus dugaan telah terjadinya tindak pidana korupsi pada pembangunan Gedung Institute Pemerintahan Dalam Negeri yang terletak di Kecamatan Baso Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Diah diperiksa penyidik KPK sebagai saksi pada Selasa (17/4) di gedung KPK, Jalan Rasuna Said Jakarta.

Dijelaskan Jubir KPK, Febri Diansyah kepada wartawan, Diah diperiksa sebagai saksi untuk tersangka kasus korupsi pembangunan gedung kampus Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) tahun anggaran 2011 di Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Dudy Jocom.

Selain memeriksa Diah, KPK juga disebutkan akan meminta keterangan kepada dua saksi lainnya Dony Ambadi dan Tri Adji Bawono. Sebelumnya, pada Maret 2016 lalu, lembaga anti rasuah itu telah menetapkan Dudi Jacom sebagai tersangka dalam kasus dugaan penyelewengan dana pembangunan gedung IPDN yang terletak di Sumatera Barat tersebut.

Baca juga  Poros Ketiga Butuh Keajaiban, PAN Wacanakan Gagasan Baru

Selain, Dudy, KPK juga mentersangkakan satu nama lainnya yaitu General Manager PT Hutama Karya (Persero) Budi Rahmat Kurniawan.

Keduanya diduga melakukan perbuatan melawan hukum dan menyalahgunakan wewenang untuk memperkaya diri sendiri atau orang lain dalam pembangunan Kampus IPDN di Agam.

Mereka dijerat dengan pasal 2 ayat 1 atau pasal 3 UU 31/1999 tentang Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah dengan UU 20/2001 junto pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, KPK menahan Dudy Jacom pada Maret 2018 lalu setelah selama hampir dua tahun menyandang prediket sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi pembangunan Gedung IPDN.

Sebelumnya, selain diperiksa dalam kasus korupsi pembangunan gedung IPDN, nama Diah Anggraeni juga disebut sebut terlibat dalam kasus korupsi pengadaan KTP berbasis elektronik di Kementrian Dalam Negeri semasa menjabat sebagai Sekjend.

Baca juga  KPK Gerak Cepat, Puan Apa Kabarnya?

Diah tak bergeming saat ditanya soal kesiapannya jika dijerat KPK dalam kasus dugaan korupsi proyek e-KTP. Diah yang disebut sebagai pihak yang turut bersama-sama melakukan korupsi e-KTP memilih masuk ke lobi Gedung KPK.

(gg)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here