KPU dan Bawaslu Ancam Usir Pengunjung Debat

    0

    PolitikToday – Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menindak penonton debat yang terbukti tidak tertib saat menyaksikan debat capres cawapres kelima Pilpres yang akan berlangsung pada 13 April 2019 mendatang dengan mengeluarkan dari lokasi debat tersebut.

    Dikatakan Komisioner KPU Wahyu Setiawan, lembaganya akan telah mengevaluasi pelaksanaan debat selama ini dan sepakat untuk memutusksan beberapa hal.

    “Hasil evaluasi debat keempat ini, untuk debat kelima nanti kami sepakat untuk melanjutkan kerja komite damai,” kata Komisioner KPU, Wahyu Setiawan.

    Ditambahkannya, dengan debat kelima nanti ini, arahan dari rapat untuk komite damai lebih tegas sehingga KPU, Bawaslu, TKN, dan BPN sepakat untuk debat kelima bila ada pengunjung debat, undangan debat yang tidak tertib, mengganggu suasana debat maka komite damai akan mengeluarkan yang bersangkutan dari ruang debat.

    “Siapapun dia karena bagi KPU, bagi Bawaslu debat ini juga pelayanan kita kepada seluruh rakyat Indonesia khususnya masyarakat pemilih. Sehingga kita juga harus menjaga kepentingan masyarakat pemilih yang menonton di rumah warga net untuk dapat menyimak debat itu dengan nyaman,” ujarnya.

    Lebih jauh ia menambahkan, KPU sudah mencatat nama-nama oknum pengunjung atau penonton yang tidak tertib saat berlangsungnya acara debat capres.

    “KPU merekomendasikan kepada TKN dan BPN agar debat kelima yang bersangkutan tidak diundang,” tuturnya.
    Disisi lain, Ketua Bawaslu, Abhan menyebutkan, secara umum bahwa keempat kemarin lebih sempurna dari yang pertama, kedua, dan ketiga. “Apa yang dilakukan pada debat ke-4 ini bisa nanti dilaksanakan sama di debat ke-5,” katanya.

    (gg)

    Baca juga  KPU Sebut Banyak Pembahasan PKPU Gagal Dilaksanakan

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here