KPU Ingatkan Bakal Caleg dan Bakal Capres untuk Patuhi Aturan

0
45
KPU Ingatkan BakalCaleg dan Bakal Capres untuk Patuhi Aturan
Komisioner KPU Pusat Wahyu Setiawan

PolitikToday – Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia Wahyu Setiawan meminta caleg dan capres Pemilu 2019 harus berhati-hati jika tampil di televisi. Hal ini dikatakan Wahyu terkait dengan definisi citra diri dalam kampanye pemilu yang berlaku bagi bakal caleg dan capres mendatang.

Komisioner KPU itu menjelaskan, sesuai dengan UU Pemilu Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum yang memuat aturan mengenai citra diri, banyak aturan yang merupakan bagian dari kampanye pemilu yang mengatur ketat tata cara melakukan kampanye.

“Sudah banyak baliho bergambar tokoh parpol yang diturunkan Bawaslu. Ini karena terkena pasal citra diri itu, ” kata Wahyu kepada wartawan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (13/3).

Baca juga  Bank Dunia Kucurkan Utang Rp4,2 T, ProDem: Jokowi Ingkar Janji

Wahyu menambahkan, untuk sementara ini, definisi citra diri hanya berlaku untuk kampanye pemilu saja.

Ia menyebutkan, jika ada bakal caleg dan capres yang menampilkan bentuk-bentuk citra diri sebagaimana definisi UU Pemilu Nomor 7 Tahun 2017 ketika masa kampanye belum dimulai maka hal tersebut berpotensi mendahului masa kampanye.

“Soal pengertian citra diri ini tidak hanya ditujukan kepada parpol saja. Individu yang menjadi peserta Pemilu 2019 juga terkena aturan ini (bisa dikenai pasal jika melakukan pelanggaran), ” paparnya.

Sebagaimana diketahui, masa kampanye untuk Pemilu 2019 akan dimulai pada 23 September 2018. Dengan demikian, ada jeda waktu selama tujuh bulan sebelum masa kampanye untuk pemilihan legislatif dan pemilihan presiden mendatang. Pada masa jeda kampanye ini, peserta pemilu belum boleh melakukan kampanye.

Baca juga  Protes Ala #MenghindariSuspend, Warganet: Alhamdulillah, Berkat Jokowi, Jumat Sudah Lebaran

(gg)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here