Lebaran, KPK Tetap Bekerja

0
701
KPK Terus Kejar Syamsul Nursalim

PolitikToday – Meski memasuki masa libur Idul Fitri, Komisi Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) tetap akan menjalankan fungsi pengawasan dan pemberantasan korupsi yang menjadi tugas mereka. Ditegaskan Juru bicara KPK, Febri Diansyah, lembaga anti rasuah itu tetap menjalankan fungsi pengawasan dan penindakan terhadap kinerja para penyelenggara negara selama cuti Lebaran.

“Secara umum pegawai KPK cuti, namun tentu sejumlah pelaksanaan tugas tidak bisa berhenti meskipun hari libur,” kata Febri.

Ia menyebutkan, meski pada saat lebaran, tidak menutup kemungkinan, sebagian tim penindakan KPK terus bekerja di lapangan untuk kepentingan penyidikan atau penyelidikan. Selain itu, itu ia menambahkan, KPK juga tetap menindaklanjuti berbagai temuan yang berasal dari laporan masyarakat.

Baca juga  Tuntut KH Ma'ruf Amin Mundur, Puluhan Santri Akan Demo Kantor MUI

Mantan Aktifis ICW itu berpesan kepada seluruh penyelenggara negara agar tak terlibat dalam berbagai tindakan yang mengarah pada tindak pidana korupsi, seperti penerimaan gratifikasi atau suap.

“KPK tetap mengingatkan agar para penyelenggara negara tidak melakukan korupsi, seperti menerima suap atau gratifikasi, meskipun di jadwal cuti bersama ini,” kata dia.

Sebagaimana diketahui, selama bulan Ramadhan, KPK telah menunjukkan kinerja dengan tetap melakukan operasi pemberantasan korupsi dengan menggelar operasi tangkap tangan terhadap beberapa kepala daerah dan pejabat daerah lainnya. Selain menangkap pelaku korupsi, KPK juga terus melanjutkan proses pemeriksaan saksi saksi dan memintai keterangan beberapa pihak yang diduga mengetahui proses tender dalam proyek pengadaan KTP elektronik.

Baca juga  Andi Arief: Prabowo Khianati Kesepakatan dengan Demokrat

Beberapa nama sudah dipanggil dan memberikan keterangan ke KPK antara lain Ketua DPR RI Bambang Soesatyo dan politisi PDI-P Ganjar Pranowo. Namun, hanya Bambang yang datang ke KPK, sementara Ganjar mangkir dengan alasan tengah berkampanye Pilkada di Jawa Tengah.

(gg)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here