Lemkapi Minta Polri Waspadai Adu Domba KPK vs Polisi

0
15

Pusat Kajian Kepolisian (Lemkapi) mengingatkan kepada Polri agar berhati-hati menangani pengaduan pengacara Ketua DPR Setya Novanto terhadap dua pimpinan KPK Agus Rahardjo dan Saut Situmorang.

“Kami minta Polri waspada, ini bisa membuat Polri dan KPK dibenturkan,” kata Direktur Eksekutif Lemkapi, Edi Hasibuan di Jakarta, Sabtu (11/11).

Menurut Edi, jika Polri salah menangani aduan ini dari awal dampaknya bisa berakibat buruk kepada semua penegak hukum lainnya, khususnya Polri-KPK.

Hasil penelitian dan kajian Lemkapi dampak pengaduan dari pengacara Setnov jika ditangani bisa berakibat buruk terhadap penegakan hukum. Bukan hanya pimpinan KPK tapi juga para penyidiknya.

Selain itu dampaknya bisa mengganggu hubungan pimpinan Polri dan pimpinan KPK yang sudah baik selama ini. Koordinasi Kapolri Jenderal Tito Karnavian selama ini dengan pimpinan KPK sudah sangat bagus.

Baca juga  Calon Panglima TNI Belum Punya Prestasi Luar Biasa

“Kami juga melihat dua pimpinan KPK yang diadukan pengacara Setnov berkinerja baik dan bertugas profesional,” ujar mantan Anggota Kompolnas ini.

Pengaduan pengacara Setnov atas nama Sandi Kurniawan baru kali terjadi dalam hukum. Saat kasus ini diadukan Sandi ke Bareskrim Polri, bisa dipahami saat itu Polri menerima laporan karena memang polisi tidak boleh menolak pengaduan masyarakat.

Hemat Edi, agar kinerja Polri dinilai masyarakat profesional perlu memintai keterangan sejumlah ahli hukum sebelum memutuskannya lewat gelar perkara.

“Bila tidak ditemukan ada unsur pidananya. Polri segera menghentikannya,” tukas doktor ilmu hukum jebolan Universitas Borobudur ini.

(RMOL)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here