Media Asing Sebut Hanya Ada Sedikit Antusiasme untuk Jokowi di Pemilu 2019

0
Ajakan Berbaju Putih Petahana Pertanda Sikap Panik

PolitikToday –  Media-media asing turut mengulas pemungutan suara dalam pemilu yang digelar hari ini, Rabu (17/4/2019). AFP menilai pemilu hari ini digelar setelah kampanye pahit di mana agama telah memainkan peran penting.

Pemilu kali ini menjadi semacam pengulangan karena kembali memunculkan Joko Widodo (Jokowi) dengan Prabowo Subianto sebagai calon presiden yang berebut kursi nomor satu RI.

Namun sejumlah analis menilai bahwa suasananya sedikit berbeda karena antusiasme warga untuk Joko Widodo semakin tergerus.

“Jelas ada sedikit antusiasme untuk Widodo sekarang,” kata analis risiko politik yang berbasis di Indonesia, Kevin O’Rourke seperti dimuat AFP.

“Popularitasnya masih di atas sana, tapi dia bukan sosok yang menginspirasi dia lima tahun yang lalu,” sambungnya.

Sementara itu, BBC menyoroti soal platform kebijakan yang ditawarkan dua calon presiden tersebut. Sejumlah analis mengatakan, kedua pesaing utama itu tidak menghadirkan platform kebijakan yang sangat berbeda, terlepas dari pandangan mereka tentang investasi China.

“Karena itu, satu-satunya kontras yang dapat mereka tarik adalah dengan menunjukkan kepercayaan agama mereka,” kata analis dan seorang rekan tamu di ISEAS-Yusof Ishak Institute di Singapura, Made Supriatma.

Dia menyebut bahwa politik identitas mewarnai proses pemilu di Indonesia tahun ini.

“Pemilihan ini adalah ‘perlombaan ke kanan’, perlombaan untuk menunjukkan siapa yang lebih konservatif Islam,” jelasnya seperti dimuat BBC 

(rt)

Baca juga  KPK Bukan Malaikat, Tapi Tak Boleh Dilemahkan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here