Meski Teratas, Elektabilitas Ridwan Kamil Belum Aman

0
23
Ridwan Kamil

Indocon (Research Consulting) merilis hasil survei Peta Cagub, Cawagub, dan Political Endorse Terkuat di Mata Publik Jawa Barat(Jabar), di Cafe Coffe Morning Glory Jalan Setrasasi Sukajadi Bandung, Minggu (12/11).

Dalam hasil survei tersebut Bakal Calon Gubernur Jabar Ridwan Kamil berada di peringkat atas bakal calon Gubernur yang akan berkontestasi di Pilkada Serentak 2018 mendatang. Berikutnya, disusul oleh Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, dan Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar.

“Peta politik hari ini masih didominasi oleh tiga nama, yakni, Emil (34,6 persen), Dedi Mulyadi (15,3 persen) dan Dedy Mizwar (11,9 persen),” ujar Direktur Eksekutif INDOCON Fajar Nursahid.

Meskipun tertinggi, elektabilitas Emil masih riskan. Mengingat masih banyaknya pemilih sebesar 47 persen yang belum mantap dengan pilihan dan menyatakan masih mungkin berubah.

Baca juga  Polisi Beberkan Alasan Sulitnya Mengungkap Kasus Teror Penyidik KPK

“Ini menandakan ciri dukungan yang volatile, nilai elektabilitasnya mudah tergerus jika figur-figur lain serius melakukan kampanye,” ujarnya.

Untuk diketahui, survei ini dilakukan mewakili pendapat masyarakat Jabar berusia 17 tahun atau sudah menikah. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara tatap muka terhadap 971 responden sampel dari 1000 responden yang direncanakan.

Sample ditentukan secara proporsional terhadap populasi penduduk yang tersebar di 27 kabupaten/kota di seluruh wilayah Provinsi Jabar, sepenuhnya dipilih secara acak bertingkat (multistage random sampling).

Dengan margin of error diperkirakan sebesar lebih kurang 3,1 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Serta, pengumpulan data berlangsung pada tanggal 10-22 Oktober 2017.

(gg/kbp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here