Nama Tjahjo Kumolo Disebut Dalam Persidangan Kasus Meikarta

0
Nama Tjahjo Kumolo Disebut Dalam Persidangan Kasus Meikarta

PolitikToday – Bupati Bekasi nonaktif, Neneng Hasanah Yasin, memberikan kesaksiannya sebagai saksi dalam suap proyek Meikarta, di Pengadilan Tipikor Banding, Senin (14/1).

Neneng tiba di pengadilan sekitar pukul 09.00 WIB. Selain Neneng, terdapat saksi lainnya dari tiga pihak pengembang Meikarta yaitu Bartholomeus Toto, Edi Dwi Soesanto, Satriadi dari PT Mahkota Citra Sentosa dan E Yusuf Taufik yang merupakan Kabiro Tata Ruang Pemkab Bekasi.

Dalam kesaksiannya, Neneng menyebutkan sejumlah fasilitas diberikan kepada DPRD Bekasi guna memuluskan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR).

“Saya sempat mendengar bahwa anggota dewan jalan-jalan ke Thailand. Saya pun dapat laporan dari Neneng Rahmi Kabid Penataan Ruang DPUPR pemberian untuk ke Thailand,” katanya.

Baca juga  Korupsi Lagi, PDIP Lagi

Nama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo juga disebut-sebut dalam sidang lanjutan perkara suap terkait perizinan proyek Meikarta tersebut. Menurut Neneng, ia menerima telepon dari Mendagri saat mengikuti rapat bersama Dirjen Otda Sumarsono di Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Ditjen Otda Kemendagri).

“Telepon itu dikasih ke saya, yang ngomong Pak Mendagri, minta tolong dibantu soal Meikarta,” ucap Neneng.

Neneg tidak menjelaskan lebih jauh tentang bantuan apa yang dimaksudkan oleh Mendagri Tjahjo Kumolo.

Neneng Hasanah Yasin merupakan Bupati Bekasi untuk periode 2012-2017. Dirinya kembali terpilih dalam Pilkada Serentak 2017 memjadi Bupati Kabupaten Bekasi hingga 2022.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan status tersangka kepada Neneng pada 15 Oktober 2018.

Baca juga  Permainan Intelijen Menjelang Pemilu 2019, Komisi II DPR: Waspada

(bs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here