Novanto Minta Eni Saragih Kawal Proyek PLTU Riau-1

0
406
Novanto Minta Eni Saragih Kawal Proyek PLTU Riau-1
Tersangka kasus dugaan suap proyek pembangunan PLTU Riau-1 Eni Maulani Saragih bergegas seusai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (31/8). Eni diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Idrus Marham atas kasus dugaan suap proyek pembangunan PLTU Riau-1. ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/hp/18

PolitikToday – Mantan Wakil Ketua Komisi VII DPR Eni Maulani Saragih sebut ada peran mantan Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto dalam hal perkara suap proyek PLTU Riau-1. Apa peran Novanto itu?

Eni menjelaskan ada peran Novanto. Saat bersaksi dalam sidang lanjutan perkara dengan terdakwa Johanes Budisutrisno Kotjo. Novanto memperkenalkan Eni pada Kotjo yang merupakan pemegang saham Blackgold Natural Resources Ltd.

“Pak Novanto minta saya kawal proyek yang dikerjakan Pak Kotjo,” ujar Eni dalam kesaksiannya dalam sidang yang berlangsung di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (11/10/2018).

Saat itu Eni mengaku, ketika menjadi anggota Komisi VII DPR yang bermitra kerja dengan PLN. Pertemuan awal Eni dengan Kotjo di Hotel Fairmont Jakarta, yang mengatur adalah putra Novanto, Rheza Herwindo.

Baca juga  Bandingkan Era SBY dan Jokowi, Sujiwo Tejo Takut Digeruduk Cebong

“Rheza yang membuat pertemuan di Hotel Fairmont. Ada saya, tim saya, dengan James yang saya tahu keponakan Pak Kotjo,” tutur Eni.

Dalam pertemuan itu, Eni mengakui belum bicara tenang hal spesifik mengenai proyek. Pertemuan itu disebutnya hanya awal tentang perkenalan.

“Tidak ada spesifik cuma saling kenal dan saling tahu. Pak Kotjo kenal saya sebagai Komisi VII DPR dan saya anak buah Pak Nov, beliau ketua fraksi (Golkar) saat kasus papa minta saham,” beber Eni.

Dalam perkara ini, Hakim mendakwa Kotjo menyuap Eni dan juga Idrus Marham sebesar Rp 4,7 miliar. Duit itu sebagai pelican agar perusahaan Kotjo ikut ambil bagian menggarap proyek PLTU Riau-1.

Baca juga  Sekjen PAN: Kampus UGM Pilih Kasih!

(hz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here