OSO Mundur Dari MPR RI

0
55
Ketua Umum DPP Partai Hanura, Oesman Sapta Odang

PolitikToday – Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI) Oesman Sapta Odang (Oso) membenarkan keinginannya untuk mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Wakil Ketua MPR RI. Oso mengaku ingin lebih fokus membenahi dan mengurus DPD.

“Iya, sudah terlalu sibuk,” kata Oso di Komplek Prlemen, Senayan, Jakarta (12/2).

Terkait siapa yang akan menggantikannya, Ketua Umum Hanura ini mengaku belum mengetahui siapa yang akan menggantikannya.

Tapi Oso berharap, penggantinya kelak harus dari DPD bukan dari parpol.

“Kok ada dari parpol, DPD ya DPD,” ujarnya.

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengatakan, pengganti Oesman Sapta Odang atau OSO dari jabatan Wakil Ketua MPR merupakan tanggungjawab Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Sebab, OSO merupakan perwakilan dari lembaga tersebut.

Baca juga  Andi Arief: Prabowo Khianati Kesepakatan dengan Demokrat

“Di MPR itu ada perwakilan politik DPR dan perwakilan dari DPD, hak penuh DPD,” kata Zulkifli (8/2).

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) ini menyebut, MPR tidak memiliki kewenangan untuk itu. Seperti halnya saat pergantian Ketua DPR RI dari Setya Novanto kepada Bambang Soesatyo yang merupakan kebijakan dari Partai Golkar.

“Siapa gantinya itu semuanya kewenangan DPD, seperti kemarin Pak Bamsoet menggantikan Pak Novanto. Kira-kira gitu,” jelas Zulkifli.

Sebelumnya saat membuka acara dialog dalam peringatan Hari Pers Nasional 2018, OSO sempat mengatakan dirinya akan mundur dari jabatan Wakil Ketua MPR.

Kabar niat pengunduran diri OSO dari kursi Wakil Ketua MPR juga dibenarkan oleh Wakil Ketua Umum Partai Hanura, I Gde Pasek Suardika. Ia mengatakan keinginan OSO untuk mundur memang sudah lama.

Baca juga  Ancaman NU Bakal "Lepas Tangan" dari Jokowi, Ternyata Didalangi Ma'ruf Amin

“Ya benar. Memang dari dulu sudah diniatkan. Hanya mencari mekanisme yang tepat,” kata Pasek, Rabu (7/2) lalu.

(bs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here