Pakar Nilai Seruan Arief Poyuono Hanya Merugikan Rakyat

0
Pakar Nilai Seruan Arief Poyuono Hanya Merugikan Rakyat

PolitikToday Pakar hukum administrasi negara, Dian Simatupang menanggapi terkait seruan Arief Poyuono yang mengajak masyarakat untuk tidak bayar pajak. Hal itu tidak bisa dikategorikan sebagai pelanggaran hukum. Namun ajakan Juru Bicara BPN Prabowo Subianto-Sandiaga Uno itu hanya akan merugikan masyarakat kecil.

Disebutkan Dian, bahwa selama ini pajak digunakan untuk pemerataan pembangunan dan kesejahteraan rakyat. Karena itu, jika ajakan itu dilakukan justru hanya bikin sulit rakyat.

“Apakah bisa dijerat tentu kan dilihat unsur-unsurnya. Tapi, secara hukum memang itu kan pertama tidak mengikat. Kedua, itu (seruan Arief Poyuono) kontra-produktif terhadap fungsi pajak yang selama ini digunakan untuk pemerataan pembangunan,” kata Dian, Jakarta, Kamis (16/5/2019).

Lebih lanjut, Dian pun menjelaskan bahwa ada sanksi jika warga negara dalam hal ini wajib pajak sengaja menghindar dari kewajibannya. Hal itu menjadi tambahan masalah yang memperumit, jika seruan Wakil Ketua Umum Gerindra itu dilakukan oleh rakyat.

“Menurut saya selain sanksinya berat, itu malah menyulitkan warga negara. Apakah itu membantu secara hukum jika warga negara tidak membayar pajak? Kan tidak. Akan tambah kerumitan kalau mengikuti seruan itu,” pungkasnya. (hz)

Baca juga  Hakim Korupsi E-KTP Geram dengan Jawaban ‘Tidak Tahu’ Setya Novanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here