Papua Tetap Indonesia

0

Merawat Indonesia, menjaga persatuan adalah tugas bersama setiap elemen bangsa. Indonesia adalah warisan dari para pendiri bangsa. Tercipta dari pengorbanan jiwa, raga dan keinginan untuk setara dengan bangsa dan negara lain di dunia.

Papua adalah bagian dari Indonesia yang tidak terpisahkan. Bagian dari saudara se Indonesia, senasib sepananggungan. Dari Sabang sampai Marauke menjadi satu kesatuan utuh tanpa bisa dipisahkan.  

Telisik dari pendekatan pembangunan ekonomi, terutama infrastruktur belum mampu memaksimalkan kesejahteraan dan menyentuh sisi fundamental. Ada hal yang mesti menjadi perhatian lebih pada sisi penegakan hukum dan keadilan bagi pelanggaran Hak Azazi Manusia.

Lahirnya Kelompok Sipil Bersenjata dan penyelesaian dengan pendekatan militer terbukti tidak efektif dan mengena. Malah menambah deret luka dan korban dari masyrakat dan TNI. Pertimbangan ini menjadi catatan penting dalam sejarah yang terbentang dalam pendekatan terhadap saudara dari Papua.

Disatu sisi pendekatan pembangunan SDM memberikan harapan untuk mengikis ketidakadilan dalam bidang pendidikan. Harapan ini menjadi bagian dari pendekatan damai konstruktif. Pendekatan yang menyelesaikan persoalan mendasar terkait perbaikan struktur pendidikan, keadilan hukum dan pengurangan diskriminasi terhadap masyarakat Papua.

Pendekatan pemerintah dengan menetapkan berbagai kebijakan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Memaksimalkan pembangunan infrastruktur bagian dari langkah yang tidak terpisahkan untuk pemerataan pembangunan.

Sedangkan di sisi perbaikan pendidikan dengan membuka perguruan tinggi dan pengiriman pelajar dan mahasiswa ke berbagai daerah di Indonesia, bagian nyata bahwa Papua bukan hanya menjadi sumber mencari kekayaan semata.

Proses kebijakan pemerintah pusat akan berhasil dengan tidak cepat dan instan. Berhadapan dengan kelapangan berfikir pemangku kepentingan pemerintah pusat, daerah dan masyarakat Indonesia. Sebab pekerjaan rumah terbesar bangsa Indonesia adalah mewujudkan ideologi Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika dalam multi pendekatan.

Baca juga  Indef: Infrastruktur Di Papua Belum Memperbaiki Taraf Hidup

Termasuk menimalisir rasisme yang menjalar dalam trigger kejadian kerusuhan bergelombang di Papua. Hal ini menjadi pelajaran berharga menjaga integritas bangsa Indonesia yang saat ini masih merajut kembali persatuan akibat polarisasi politik identitas.  

Memang butuh waktu dan kemauan bersama, menyelesaikan berbagai persoalan mendasar bagi Papua tetap bagian Indonesia. Semuanya berpulang kepada kerangka besar yang mampu memberikan ruang kepada elemen bangsa untuk berkontribusi.

Indonesia tanah air beta.

Oleh: Anwar Soejatmiko

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here