Pengamat Sebut AHY Berpeluang Disandingkan dengan Jokowi

0
652
Pengamat Sebut AHY Berpeluang Disandingkan dengan Jokowi

PolitikToday – Partai Demokrat dinilai akan lebih berpeluang untuk mencalonkan Komandan Komando Satuan Tugas Besama (Kogasma) Pemenangan Pemilu Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono jika berkoalisi dengan Presiden Joko Widodo. Hal itu disampaikan Pengamat politik Sinergi Masyarakat untuk Demokrasi Indonesia, Said Salahudin, Senin, (12/3) lalu. Namun Said menambahkan, kecemburuan politik akan muncul jika AHY disandingkan sebagai calon wakil presiden (cawapres) dari Jokowi di Pilpres 2019.

”Bila Jokowi bersanding dengan AHY, maka akan ada kecemburuan politik dari partai-partai lainnya yang telah berkoalisi propemerintah ini,” kata Said di Jakarta, Senin (12/3).

Dia menilai, jika AHY disandingkan dengan Jokowi, maka dua partai politik yang sudah lebih dahulu mendukung Jokowi yaitu Partai Nasdem dan Partai Hanura, kemungkinan akan cemburu. Meski demikian, ia menjelaskan, kecemburuan kedua partai itu tidak akan berlebihan karena porsi suara mereka yang sedikit.

Baca juga  Erick Thohir Jadi Ketua Timses Jokowi, Netizen Ramai Bahas Korupsi Asian Games

“Justru dua partai besar PDI Perjuangan dan Partai Golkar sendiri yang akan cemburu,” katanya.

Said menambahkan, peluang partai politik untuk dapat meraup suara lebih besar akan sangat dipengaruhi oleh kepada kelompok mana mereka berkoalisi.

Said menilai, peran dan kejelian Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sangat diperlukan dan diuji dalam menentukan arah gerak dan koalisi Demokrat di tahun ini.

“Sehingga kalau ditandemkan (AHY dengan Jokowi), akan lebih banyak peluang,” ujarnya.

(gg)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here