PKS: Kebocoran Blangko e-KTP Sudah di Level Berbahaya

0
1.000 e-KTP Tercecer di Pariaman, Disdukcapil: Itu Bekas Penggantian
E-KTP

PolitikToday – Wakil Ketua Komisi II DPR dri Fraksi PKS, Mardani Ali Sera, menyebut blangko e-KTP asli, sesuai yang dikeluarkan dukcapil, sudah diperjualbelikan secara bebas. Menurut dia, kejadian ini sudah masuk dalam level berbahaya.

“Ini kejadian luar biasa, dokumen negara bisa beredar di pasaran secara bebas, dan masuk level berbahaya,” kata Mardani di Jakarta, Jumat (7/12/2018).

Ketua DPP PKS ini mengatakan, harus ada audit terhadap proses pembuatan e-KTP, mulai dari Kementerian Dalam Negeri, sampai vendor yang mengerjakan proyek ini.

“Pemerintah melalui BPK atau auditor independen harus segera mengaudit dan menangani secara serius,” ujarnya.

Inisiator gerakan #2019GantiPresiden itu juga menyesalkan kejadian ini terjadi jelang Pemilu 2019.

“Seharusnya Pemerintah bisa menyelesaikan masalah ini, Rakyat makin di buat cemas karena bisa dimanfaatkan untuk kejahatan,” jelasnya.

Lebih jauh, Mardani mengingatkan, permasalahan e-KTP sering kali punya dampak besar terhadap kisruh berbagai pemilihan umum di Indonesia.

“Selain bisa dimanfaatkan untuk tindakan kriminal, masalah KTP el juga berdampak besar terhadap kistuh dan sangkut pemenuhan hak politik warga negara dan bisa dimanfaatkan oknum-oknum untuk menggandakan indentitas,” tuturnya.

(raf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here