Prabowo Diminta Cari Pendamping Berelektabilitas Tinggi

0
267
Prabowo Diminta Cari Pendamping Berelektabilitas Tinggi

PolitikToday – Ketua Umum Partai Gerindra diminta mencari Calon Wakil Presiden yang memiliki elektabilitas tinggi agar bisa menang di Pilpres 2019 mendatang. Dikatakan Pengamat Politik Universitas Paramadina Toto Sugiarto, jika ingin memang, Prabowo juga harus legowo jika memang ada tokoh lain di luar kedua partai yang punya elektabilitas lebih tinggi ketimbang kadernya.

“Kalau elektabilitasnya rendah, dan tidak berpengaruh pada pencapresan, mereka (PKS dan PAN) harus legowo untuk mencari tokoh lain di luar partai yang elektabilitasnya tinggi,” tuturnya Kamis (12/4).

Dijelaskan Toto, meski partai partai koalisinya masih belum menentukan calon wakil presiden yang diusung untuk mendampingi Prabowo, namun pertimbangan angka elektabilitas harus dikedepankan apalagi Prabowo sendiri masih di bawah capres pejawat Jokowi dari sisi elektabilitasnya.

Baca juga  Refly Minta MK Segera Putuskan Gugatan Presidential Threshold

“Jika elektabilitas tokoh dari internal partai itu rendah, tokoh alternatif di luar partai harus dicari demi sebuah kemenangan. Kalau elektabilitasnya rendah, maka harus legowo juga untuk mencari atau mempersilakan Prabowo mencari sendiri pasangan yang kira-kira akan memenangkan kontestasi,” jelasnya.

Disisi lain, Toto meyakini dua partai yang selama ini menjadi koalisi Gerindra seperti PKS dan PAN akan memberikan dukungannya kepada bakal capres 2019 Prabowo.
Kedua partai tersebut memang belum bersikap terkait arah koalisi jelang Pilpres 2019. Namun, jika melihat pada arah politik keduanya, besar kemungkinan akan kembali bersama Gerindra mengarungi Pilpres 2019.

“Saya kira sudah ada deal-deal di belakang pencapresan Prabowo. Tentu PKS dan PAN akan berikan dukungan kepada Prabowo. Dan kenapa tidak langsung kemarin saja, saya kira harus ada proses dulu di PKS atau PAN secara resmi,” kata dia.

Baca juga  Takut Kasus Hukum Dibongkar, Elit Parpol Terpaksa Dukung Jokowi-Mahfud

(gg)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here