Said Didu: Pemilu Sekarang Lebih Parah Dibanding Orde Baru

0
Said Didu: Pemilu Sekarang Lebih Parah Dibanding Orde Baru

PolitikToday- Said Didu menilai tentang penyelenggaraan Pemilu 2019 lebih buruk dibandingkan pemilu di era Orde Baru. Dimana pemilu saat ini tak sesuai undang-undang.

“Orang sering membandingkan pemilu Orde Baru lebih jelek dari pada pemilu sekarang. Saya bilang pemilu Orde Baru dilaksanakan dasarnya undang-undang, tidak ada pelanggaran karena undang-undangnya demikian, kalau ini undang-undangnya reformasi pelaksanaannya Orde Baru, lebih parah dari Orde Baru,” ungkap Said Didu saat diskusi di Media Center Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Jalan Sriwijaya, Jakarta Selatan, Rabu (15/5/2019).

Said memberikan fakta, baru dalam pemilu tahun ini sejumlah dana bantuan untuk rakyat disebutkan berasal dari salah satu pasangan calon, termasuk upaya kecurangan dengan pemadaman listrik pada malam hari.

“Di satu daerah itu memang diganti, pada saat itu kira-kira 4 atau 5 hari sebelum pilpres, itu turun PKH, dan itu diganti dari 01. Ada kejadian di Jateng itu malam jelang pemilu listrik dimatikan, mati selama 3 jam, nah saat itu terjadilah operasi,” bebernya.

Said juga keluhkan proses pelaporan dugaan kecurangan yang disampaikan ke penyelenggara pemilu tidak ditanggapi dan penyelenggara pemilu tidak menyelesaikan pengaduan disebabkan oleh tahapan pemilu.

“Ini kan pilpres dan pemilu ini seperti ban berjalan, kalau tidak selesai kan tidak dihalangi ban berjalan ini, jadi KPU ini berprinsip ban berjalan, silakan protes, tanggal sekian saya harus maju lagi tahap berikutnya, tanggal sekian tahap berikutnya, jadi masalah itu selesai dengan waktu,” tukasnya.

Sedangkan menurut juru bicara BPN Prabowo-Sandi, Dahnil Anzar Simanjuntak, pihaknya kesulitan untuk melaporkan dugaan kecurangan yang ditemukan, sebab sudah hilang kepercayaan kepada penegak hukum.

“Terus terang memang ada distrust, distrust pada proses hukum dan institusi hukum, sebutlah kepolisian, ada kriminalisasi terhadap tokoh-tokoh oposisi, ada distrust yang luar biasa,” tambahnya.

Baca juga  Reshuffle Kabinet, Waketum PAN: Kalau Diminta Diberi, Ditarik ya Silakan
(hz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here