SBY: Musuh KPK Banyak, Termasuk yang Obstruction of Justice

0
27
Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan (kanan), Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (tengah) didampingi Sekjen Partai Demokrat Hinca IP Pandjaitan XIII (kiri) saat melakukan diskusi di Kantor DPP Partai Dmeokrat, Jakarta, Rabu (13/9). (ant)

Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyebut KPK memiliki tantangan besar dan musuh yang banyak. Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat itu pun berpesan agar KPK tetap tegar.

“Rakyat tahu KPK ini misinya besar, tantangannya banyak, dan musuhnya juga banyak,” kata SBY dalam sambutannya di kantor DPP Demokrat, Jalan Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (13/9/2017).

SBY pun menegaskan agar intervensi apapun terhadap KPK harus ditolak, termasuk obstruction of justice. Dalam acara itu hadir pula Wakil Ketua KPK Basaria Pandjaitan serta petinggi Demokrat yaitu Amir Syafruddin, Edhi Baskoro Yudhoyono (Ibas), Pramono Edhie Wibowo, dan Roy Suryo.

“Tolak segala intervensi dari manapun, termasuk yang disebut obstruction of justice. Karena obstruction of justice itu dalam Undang-undang kita itu mendapat sanksi hukum yang berat,” sambung SBY.

Baca juga  Menkeu Belum Bisa Realisasikan Usulan Kadin

Setelah menyampaikan sambutannya, KPK dan para pengurus DPP Partai Demokrat langsung melakukan diskusi terkait sistem integritas partai politik dalam mencegah korupsi secara tertutup. KPK berharap, dalam diskusi tersebut bisa muncul berbagai rekomendasi baik dari KPK maupun dari Partai Demokrat.

Obstruction of justice atau menghalangi penyidikan sempat muncul dari Ketua KPK Agus Rahardjo. Dia mengaku mempertimbangkan pasal tentang obstruction of justice terhadap panitia khusus (pansus) angket di DPR.

Namun dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi III DPR, para anggota dewan itu mempertanyakan tentang itu. Para anggota Komisi III DPR yang bertanya sebagian besar merupakan anggota pansus angket pula.

Akhirnya, Agus meminta maaf atas hal itu. Namun Agus menegaskan bila hal itu bukanlah ancaman.

Baca juga  Jokowi Minta Setnov Patuhi Undang-undang

Sumber – Detik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here