Sejumlah Lembaga Survei Unggulkan Khofifiah-Emil di Jawa Timur

0
Sejumlah Lembaga Survei Unggulkan Khofifiah- Emil di Jawa Timur

PolitikToday – Baru-baru ini beberapa Lembaga survei “menoleh” ke Jawa Timur melihat kekuatan dan peta dukungan diantara paslon yang bertarung. Lembaga survei Indopoll Network menempatkan Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak unggul tipis dari Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno.

Indopoll Network menggelar survei elektabilitas cagub-cawagub Jatim 2018 pada 22-26 Januari 2018. Sampel yang digunakan berjumlah 1.019 responden yang sudah memiliki hak pilih. Besar sampel ditentukan menggunakan rumus Slovin, dengan margin oferror +/- 3,2%

Elektabilitas Khofifah-Emil sebesar 49,02% atau unggul tipis dari Gus Ipul-Puti, yang meraih 47,25%. Ada 3,73% responden yang belum menentukan.

Survei berikutnya dilakukan Lembaga Survei KedaiKOPI (Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia). Survei ini dilakukan awal Februari 2018, tepatnya 2 sampai dengan 8 Februari 2018.

Baca juga  Serukan Video Ganti Presiden di Medsos, Ferdinand Tak Langgar Aturan KPU

Survei ini dilakukan dengan metode tatap muka dan melibatkan 600 responden yang dipilih dengan metode acak bertingkat di kabupaten dan kota di Jawa Timur. Margin of error (MoE) +/- 4% pada interval kepercayaan 95%.

Terkait popularitas, Khofifah berjaya. Mantan Mensos ini berada di urutan pertama dengan angka 94,1%, disusul oleh Gus Ipul (90,9%), Emil (48,7%), dan Puti hanya 28,5% responden.

Sementara survei yang dilakukan pada 19 Februari-4 Maret 2018 oleh Litbang Kompas, menempatkan Khofifah unggul tipis dari pesaingnya. Elektabilitas Khofifah-Emil 44,5%, sedangkan Gus Ipul-Puti 44%. Masih ada 11,5% pemilih yang belum menentukan pilihan.

Survei melibatkan 800 responden dengan metode tatap muka. Responden dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan proporsional bertingkat. Margin of error sebesar +- 3,46% pada tingkat kepercayaan 95%

Baca juga  KTP-El: Kisruh Tanpa Solusi Tuntas

Khofifah unggul di wilayah Mataraman Pesisir, Mataraman (Jawa Timur bagian barat), Madura dan Osing (Banyuwangi). Sementara itu, Gus Ipul memimpin di wilayah Pandalungan (Jember dan sekitarnya) dan Arek (Surabaya dan sekitarnya).

(bs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here