Sudirman Said: Pejabat Jangan Permainkan Hukum

0
29

Mantan Menteri ESDM, Sudirman Said menyentil prilaku pejabat yang menghindari proses hukum. Hal tersebut disampaikannya saat melakukan pertemuan dengan warga binaan di Lapas Kelas II Brebes, Jawa Tengah, Rabu (13/9/2017).

Saat acara, Sudirman Said mengaku kagum dengan sikap warga binaan lembaga pemasyarakatan (Lapas) Kelas II Brebes, yang mau bertanggung jawab atas kesalahan yang telah dibuatnya di masa lalu. Mau menjalani hukuman dan tidak berusaha menghindar dari tanggungjawab atas apa yang dilakukannya.

Sudirman membandingkannya dengan sejumlah pesohor di Jakarta yang tersandung kasus hukum tapi berusaha menghindar dari proses hukum dengan beragam dalih.

“Saudara-saudara di sini lebih baik dibanding sejumlah petinggi di Jakarta yang tersangkut kasus hukum. Mereka ada yang berusaha menghindar dari proses hukum dengan beragam cara,” kata mantan anak buah Jokowi tersebut.

Baca juga  Buwas Potensial Gantikan Ganjar Jadi Kandidat PDIP di Pilkada Jateng

Sudirman mengungkapkan, jika sikap warga binaan ini bisa menjadi contoh bagi petinggi yang tersandung kasus hukum. Berani berbuat berani pula mempertanggungjawabkan perbuatannya itu di hadapan hukum. Bukannya malah mencari cara untuk menghindar dari jerat hukum.

Sikap itu, lanjut Sudirman, sangat mencederai rasa keadilan masyarakat, dan tidak menjunjung tinggi hukum. Seharusnya di mata hukum tidak ada perbedaan antara orang kecil dan orang besar.

“Jangan karena pejabat, lantas bisa seenaknya mempermainkan hukum,” urainya.

Selanjutnya, Sudirman berpesan kepada warga binaan agar menatap lurus ke depan. Jangan melihat kebelakang. Masa lalu yang kurang baik sebaiknya dilupakan sambil terus melangkah ke depan.

“Memang Anda pernah bersalah, tapi Anda sudah menebusnya dengan menjalani hukuman di sini. Jadi kalau nanti keluar Anda tidak perlu minder. Katakan: saya memang pernah salah, tetapi saya sudah menebusnya dengan menjalani hukuman,” kata Sudirman Said.

Baca juga  PDIP Tak Bisa Penuhi Aspirasi Kadernya?

sumber: merdeka.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here