Survei Instrat: Popularitas Dua DM Paling Tinggi di Pilgub Jabar

0
26

PolitikToday – Berdasarkan hasil survei Indonesia Strategic Institute (Instrat) tentang opini publik jelang Pilgub Jabar 2018, terungkap elektabilitas Ridwan Kamil mengalami penurunan setelah berpasangan dengan Uu Ruzhanul Ulum. Sebaliknya, cagub lainnya, Deddy Mizwar melonjak ketika bersanding dengan Dedi Mulyadi.

Berdasarkan data Instrat, elektabilitas Ridwan Kamil pada 2016 dan 2017 mencapai 28 persen, sementara Uu hanya 1 persen. Namun, ketika dipasangkan, elektabilitas Ridwan-Uu hanya 25,6 persen.

“Terdapat kecenderungan Ridwan Kamil mengalami kerugian berupa stagnasi elektabilitas setelah berpasangan dengan Uu, malah cenderung menurun,” kata Sosial Analis Instrat Adi Nugroho dalam pemaparannya, Kamis (8/2).

Berbeda dengan Ridwan Kamil, Instrat menilai Deddy Mizwar justru mengalami kenaikan elektabilitas setelah berpasangan dengan Dedi Mulyadi. Deddy Mizwar pada 2016 dan 2017 meraih 14-15 persen, sedangkan Dedi hanya 8 persen.

Baca juga  Perludem Minta Bawaslu Tegas Tindak Peserta Pilkada Pelanggar Aturan

“Jadi sebagian pendukung Ridwan Kamil ini kurang setuju ketika pasangannya Uu, mereka menilai jomplang. Sedangkan Deddy Mizwar dan Dedi Mulyadi saling melengkapi, menunjukkan mereka punya basis dan segmentasi masing-masing,” tutur Adi.

Jika berbicara popularitas, pasangan berjuluk 2DM itu mencapai 90,4 persen. Sedangkan calon kuat yang lain, yakni Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum menguntit di belakang dengan angka 84,7 persen.

Sedangkan untuk hasil survei popularitas perorangan, calon yang paling populer adalah Deddy Mizwar sebesar 93 persen. Kemudian, diikuti Ridwan Kamil 88 persen dan Dedi Mulyadi 68 persen.

Kecenderungan kenaikan popularitas pada Ridwan Kamil dan Dedi Mulyadi dalam rentang dua bulan terakhir ini. Bedanya, Dedi Mulyadi masih punya kesempatan untuk menaikan level popularitasnya dibandingkan Ridwan Kamil. Faktor utamanya adalah Dedi Mulyadi diuntungkan dengan popularitasnya Deddy Mizwar.

Baca juga  Tepati Janji, Pengasuh Al Qodiri Jember Resmi Dukung Khofifah-Emil

Sementara itu, Adi menjelaskan, untuk potensi elektabilitas hasilnya adalah pasangan Sudrajat-Syaikhu sebesar 2,1 persen, TB Hasanuddin-Anton Charliyan sebesar 1,9 persen, Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi sebesar 24,1 persen, Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum 25,6 persen dan Golput 1,1 persen.

Sedangkan yang belum menentukan pilihan presentasenya 45,2 persen. “Melihat hasil yang ada, maka persaingan saat ini masih didominasi antara Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi dan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanukl Ulum,” ucapnya.
(ka)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here