Survei LSI: Elektabilitas Deddy-Dedi Paling Tinggi di Pilgub Jawa Barat

0
178
Survei LSI: Pilgub Jawa Barat Elektabilitas Deddy-Dedi Paling Tinggi

PolitikToday – Hasil survei Citra Komunikasi Lingkar Survei Indonesia (LSI Denny JA) menunjukkan elektabilitas pasangan Deddy Mizwar dan Dedi Mulyadi mengungguli pasangan lainnya di Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018.

Jika diukur elektabilitas secara personal, maka Ridwan Kamil memiliki elktabilitas tertinggi dengan 40,8 persen, disusul Deddy Mizwar dengan 38,9. Namun, jika dipasangkan posisinya malah sebaliknya.

“Saat dipasangkan, satu naik satu turun. Seperti Deddy Mizwar dipasangkan dengan Dedi Mulyadi itu (elektabilitasnya) naik di angka 43,2 persen. Sedangkan pasangan Ridwan Kamil dan Uu dipasangan itu malah turun jadi 39,3 persen,” kata Direktur Eksekutif Citra Komunikasi LSI Totol Izul Fatah, Minggu (15/4).

Rendahnya elektabilitas pasangan Ridwan Kamil yang dipasangkan dengan Uu Ruzhanul Ulum, menurutnya disebabkan elektabilitas Uu yang masih rendah sebagai calon wakil gubernur.

Baca juga  Pak Presiden dan Hastag di Media Sosial

“Yang pasti, jika tidak ada pergerakan yang luar biasa dari pasangan Rindu (Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum), bukan mustahil ini akan menjadi sinyal lampu kuning yang bisa menyeretnya pelan-pelan kalah dalam pertarungan,” kata dia.

Menurut Toto, pasangan Deddy Mizwar dan Deddy Mulyadi masih berpeluang meningkatkan elektabilitasnya melalui pengenalan aneka program yang menyentuh aspirasi warga Jawa Barat. Apalagi, Dedi Mulyadi dianggap mempunyai basis pemilih yang militan.

Sementara itu, LSI menyebut bahwa elektabilitas pasangan Sudrajat-Ahmad Syaikhu (Asyik) hanya sebesar 8,2 persen dan pasangan Tb Hasanuddin-Anton Charliyan (Hasanah) 4,1 persen.

Survei tersebut dilakukan pada tanggal 21-29 Maret 2018 dengan menggunakan metode standardmulti stage random sampling, di mana seluruh pemilih Jawa Barat dipilih secara random. Jumlah responden 440, dengan margin of error sebesar 4,8 persen.

Baca juga  Cak Imin Ngebet Jadi Cawapres Jokowi, Golkar Tagih Dukungan PKB

Sebelumnya, survei yang digelar Kompas juga menempatkan pasangan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi dengan elektabilitas tertinggi, sebesar 42,8 persen. Disusul kemudian oleh pasangan Ridwan-Uu dengan elektabilitas sebesar 39,9 persen.

Sementara pasangan Sudrajat-Ahmad Syaikhu (Asyik) meraih 7,8 persen dan pasangan TB Hasanuddin-Anton Charliyan (Hasanah) menggaet 3,1 persen.

(bs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here