Syarat Calon Independen Harus Punya Setengah Juta Dukungan di Pilgub Sumsel

0
27
teras palembang

Syarat yang harus dipenuhi para bakal calon yang ingin maju di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumsel 2018 terbilang berat. Pasalnya, calon harus mendapat dukungan minimal 503.334 pemilih agar bisa maju.

Jumlah itu, diperoleh dari rekap daftar pemilih tetap (DPT) pemilu/pemilihan terakhir, yakni 5.321.584.

“Dukungan itu harus tersebar di 50 persen kabupaten dan kota, atau minimal 9 daerah,” kata Ketua KPU Provinsi Sumsel Aspahani SE Ak.

Menurutnya, dengan syarat tersebut, artinya kurang satu dukungan saja tidak diperbolehkan. Karenanya, calon harus bisa mengumpulkan dukungan lebih dari jumlah tersebut.

“Nantinya syarat dukungan yang diberikan calon perseorangan akan dilakukan verifikasi,” lanjut Komisioner KPU Sumsel, Liza Lizuarni SE.

Baca juga  Dedi Mulyadi Sebut Rekomendasi Tidak Penting

Dijelaskannya, verifkasi mulai dari administrasi, jumlah maupun sebarannya. Bagi daerah yang sudah melaksanakan pilkada, maka data dukungan dihitung dari DPT pilkada. Sedangkan bagi yang belum pilkada, maka penentuan diambil dari data Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 lalu.

Bagi yang sudah mendaftar sebagai calon perseorangan, lanjut Komisioner KPU Sumsel Ahmad Naafi SH MKn, harus berpikir ulang untuk bisa dicalonkan melalui jalur partai politik (parpol).

Pasalnya, sesuai ketentuan Pasal 34 PKPU Nomor 3 Tahun 2017, jika bakal calon perseorangan sudah mengikuti proses verifikasi administrasi, maka dia tidak dapat diajukan sebagai calon dan atau bakal calon dari parpol, atau gabungan parpol.

“Jadi parpol dilarang mengusung calon yang sudah maju melalui jalur perseorangan,” tegasnya.

Baca juga  Khofifah: Saya Tidak Punya Hak Umumkan Nama Cawagub

Meskipun persyaratan berat, namun, KPU Sumsel tetap mendorong ada calon yang bisa maju melalui jalur tersebut. (aip)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here