Teror Bom Goyang Jokowi, PDIP: Skenario Berubah

0
975
Teror Bom Goyang Jokowi, PDIP: Skenario Berubah

PolitikToday – Hasil survei dari Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA mengatakan elektabilitas Jokowi mengalamai stagnasi. Hal ini dipengaruhi antara lain karena tergerusnya kepercayaan publik atas kinerja pemerintah dalam hal keamanan.

Ketua DPP PDIP, Hendrawan Supratikno tak menampik prediksi potensi tergerusnya elektabilitas Jokowi.

Dia mengatakan prediksi ini bisa dikaitkan dengan citra pemerintahan Jokowi jelang Pilkada serentak 2018. Kemudian, ada lagi ajang Asian Games dan Pertemuan IMF-WB Oktober di Bali.

“Pada akhirnya, kredibilitas presiden dipertaruhkan,” kata Hendrawan, Selasa (15/5).

Namun, ia tetap optimis dan akan terjadi justru sebaliknya. Ia menilai nantinya akan muncul spirit kebersamaan dan tekad kolektif, yang mengutuk terorisme.

Baca juga  Teror Bom Terus Berulang, Pemerintah Lalai Besar

“Skenario berubah. Masyarakat percaya bahwa presiden yang sedang bekerja kini diganggu oleh komponen-komponen sektarianistik, anasir-anasir penyebar kebencian dan teologi maut,” kata Hendrawan.

Sebelumnya, Peneliti Lingkaran Survei Indonesia milik Denny J.A, Adjie Alfaraby menyampaikan bahwa aksi teror dalam dua hari ini bisa saja membawa dampak negatif bagi kepercayaan terhadap pemerintah.

Selaku Kepala Negara, publik bakal mempersepsikan Jokowi lemah dalam hal menangani masalah keamanan dalam negeri.

“Ada kekhawatiran yang meluas di publik terhadap isu keamanan,” kata Adjie saat menyampaikan keterangan pers di kantor LSI, Jalan Pemuda Raya, Jakarta, Senin, 14 Mei 2018.

Menurut Adjie, 11 bulan menuju pemilihan, bakal ada isu-isu yang tak diperkirakan menjadi batu sandungan bagi calon petahana.

Baca juga  "Pertamina Sesak Nafas Di Tahun Politik"

“Jangan melihat faktor popularitas dan elektabilitas. Ada faktor lain yang memengaruhi,” ujar Adjie.

(bs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here