THR PNS Cair Lebih Awal, BPN: Terima THR-nya, Tetap Ganti Presidennya

0

PolitikToday – Penyusunan Peraturan Pemerintah (PP) tentang pemberian THR 2019 dan Gaji-13 untuk PNS dan ASN ditargetkan rampung sebelum Pemilu 2019. Dengan begitu, THR akan cair pada bulan Mei 2019.

“Waktu pembayaran THR tahun 2019 efektif dibayar pada bulan Mei 2019,” isi surat yang diterbitkan oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Surat tersebut ditandatangani oleh Direktur Pelaksanaan Anggaran Ditjen Perbendaharaan Kemenkeu, Wiwin Istanti, tertanggal 22 Januari 2019.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian PAN-RB Mudzakir mengatakan penyusunan PP THR tersebut merupakan hal yang wajar.

“Surat itu benar. Secara siklus penyusunan RPP THR dan gaji ke-13 memang dilakukan di bulan Maret dan April sehingga apa yang tercantum dalam surat sesuatu yang normal saja,” jelasnya.

Menanggapi hal itu, Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Handi Risza, menganggap apa yang dilakukan pemerintah itu sebagai upaya menarik simpati publik.

“Terima THR-nya, tetap ganti presidennya. Sepertinya segala upaya dilakukan untuk menarik simpati publik, kali ini dilakukan dengan pencairan THR dilakukan bulan Mei,” katanya, Jumat (22/2).

Handi menilai PNS tidak akan mudah diimingi-imingi sesuatu karena sudah tidak lagi percaya kepada pemerintah. Hal itu lantaran menurutnya dikarenakan dalam waktu empat tahun ini tidak ada kenaikan gaji yang berimbas kepada bertambahnya beban ekonomi.

“Kami yakin para PNS kita adalah orang-orang cerdas yang tidak mudah diiming-imingi dengan sesuatu. Anda bayangkan, gaji PNS cukup lama tidak mengalami kenaikan, sementara mereka menanggung beban ekonomi yang berat, daya beli melemah, harga-harga meningkat. Jadi apa yang meraka rasakan dalam empat tahun terakhir ini tidak akan mudah membuat mereka percaya dengan pemerintahan saat ini,” ujarnya.

Baca juga  PNS Akan Menerima Tunjangan Kemahalan

(bs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here