Tidak Punya Beban, Jokowi Siap Ambil Keputusan ‘Gila’

0
Tidak Punya Beban, Jokowi Siap Ambil Keputusan ‘Gila’

PolitikToday – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan dirinya siap mengambil keputusan ‘gila’ untuk kepentingan negara. Pernyataan ini disampaikan Jokowi ketika bertemu para aktivis ’98 di Hotel Grand Sahid Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Minggu (16/6).

“Sudah kurang lebih 21 tahun gerakan reformasi yang dikomandani oleh aktivis-aktivis ’98 berjalan. Kita semuanya harus berani mengevaluasi apa yang telah dikerjakan oleh pemerintah, baik yang sudah berhasil maupun yang belum berhasil,” katanya.

Jokowi mengatakan, dalam lima tahun kedepan dirinya sudah tidak lagi memiliki beban dalam memimpin Indonesia, sehingga ia siap mengambil keputusan-keputusan terbaik untuk negara meskipun dinilai miring.

“Saya dalam 5 tahun ke depan Insyaalah sudah tidak memiliki beban apa-apa. Jadi, keputusan yang gila, keputusan yang miring-miring, yang itu penting untuk negara ini akan kita kerjakan. Jadi saya tidak memiliki beban apa-apa,” ungkapnya.

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPP PDIP Hendrawan Supratikno menjelaskan keputusan ‘gila’ yang dimaksud Jokowi adalah keputusan kreatif dan inovatif yang belum terpikirkan sebelumnya.

“Gila di sini harus diartikan sebagai ‘kebijakan yang tidak lazim, tidak populer, di luar kebiasaan yang rutin, inovatif, tidak terpikirkan sebelumnya’. Pemimpin memang harus berani buat terobosan kreatif-inovatif, apalagi di tengah persaingan ekonomi antarnegara yang semakin keras,” katanya, Minggu (16/6) malam.

Semantara itu, anggota Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf mendukung Jokowi bila akan mengeluarkan kebijakan tidak populer tapi sangat dibutuhkan bangsa.

“Umumnya kebijakan yang dibuat selalu normatif dan mudah diduga, tapi terkadang untuk melompat jauh kedepan, diperlukan kebijakan yang out of the box. Hal inilah yang dimaksud Jokowi, yakni kebijakan yang mungkin saja tidak populer tapi sangat dibutuhkan oleh bangsa dan negara,” jelas Inas Nasrullah Zubir saat dikonfirmasi terpisah.

Baca juga  PKS dan Partai Berkarya Tak Hadiri Penetapan Presiden dan Wapres Terpilih

(bs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here