UGM Anugerahi Menlu Penghargaan Bidang Kemanusiaan

0
Menteri Luar Negeri Retno L.P.Marsudi (tengah) bersama Perdana Menteri (PM) Belanda Mark Rutte (kiri) didampingi Ketua Masyarakat Indonesia Nederland (INS) Jesse Kuijper (kanan) menghadiri pertemuan alumni perguruan tinggi Belanda di Jakarta, Selasa (22/11). (ant)

Universitas Gadjah Mada (UGM) mengganjar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi Anugerah Hamengku Buwono (HB) IX untuk bidang kemanusiaan. Penghargaan ini diberikan pada puncak peringatan Dies Natalis ke-67 UGM di di Grha Sabha Pramana, Yogyakarta, Senin (19/12).

Anugerah Hamengku Buwono (HB) IX merupakan tradisi di UGM untuk memberikan penghargaan kepada tokoh-tokoh yang dinilai mampu meneruskan perjuangan Sri Sultan Hamengkubuwono IX. Mantan Wakil Presiden RI ke-3 ini dikenal sebagai seorang nasionalis yang amat peduli pada upaya mencerdaskan kehidupan bangsa.

Rektor UGM Prof Dwikorita Karnawati menilai Retno memiliki komitmen kuat untuk kepentingan kemanusiaan. Sebagai Menlu perempuan pertama, Retno cukup berhasil membawa Indonesia di tengah berbagai konflik di dunia, dengan tetap berlandaskan pada misi perdamaian dan ketertiban dunia. “Beliau juga gigih memperjuangkan kedaulatan Indonesia melalui diplomasi,” kata Dwikorita.

Sayangnya Retno berhalangan hadir dalam kegiatan itu. Ia sedang berada di Myanmar dalam rapat menteri luar negeri negara-negara ASEAN untuk membahas perihal etnis Rohingya. Akhirnya penerima penghargaan itu kemudian diwakilkan oleh Agus Marsudi, sang suami. Kecuali itu, Retno juga mengirimkan sambutan dalam bentuk video.

Sebelum Retno, Anugerah Hamengku Buwono (HB) IX juga telah diberikan kepada beberapa tokoh lainnya, seperti Sri Edi Swasono, Gunawan Mohammad, Ciptaningsih dan Utaryo. Tetapi tahun 2015, anugerah penghargaan ini sempat ditiadakan karena panitianya tidak menemukan tokoh yang tepat untuk masuk nominasi.”Karena kita juga tidak sembarangan menetapkan seseorang guna mendapatkan anugerah ini,” ungkap Dwikorita.

Baca juga  Viva Yoga Mulyadi: Victor Laiskodat Harus Minta Maaf

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here